Skip to main content

Seminggu liburan di RS, from "peneng" to pispot stories

Hi all, gimana liburannya? Duh seneng ya bisa bolos lama gini, kalo diitung kumulatif, rileksnya nyampe 10 hari bo! Sering-sering aja!
Tapi kalo gue, baru bisa nikmatin banget yang namanya liburan tu justru cuman 3 hari terakhir, Sabtu-Minggu-Senin. Kenapa begitu, karena minggu-minggu ini justru gue dapet banyak kerjaan, panggilan (hah?! PANGGILAN!) dari klien (pliz deh, ini masih bisnis yang halal loh. *Iiihhh! Emang eke cewe apaan.... *geplakkk!*), belum lagi gue baru aja kelar ujian EC. Huhuhuh!! Very bad weekdays deh! Sampe gue ngebatalin acara mo liburan 3 hari ke Padang (sobat gue nikah Jumat kemarin, resepsinya minggu). uhuhuh, gue pengen jugaaaa *jeduk2in pala* :b
Dan semua kesibukan itu serasa belum cukup karena gue masih harus bolak balik ke RS karena si Ay ternyata ikutan kena malaria. Bukan cuma ngekor, doi malah sakitnya lebih parah bo! Begitu masuk RS langsung diinfus dan diencus. Huhuhuh!!

Alhasil, karena si Ay ini tergolong belum pernah masuk rumah sakit seumur hidupnya (terakhir dia masuk RS pas gue lahir, dan itu juga bukan sebage pasien. Hihihi). Ohya, sekedar informasi, orang berinisial Ay yang dari tadi gue sebut-sebut dia sakit jiwa malaria adalah UDA gue dan doi kebetulan ganteng. Informasi tambahan, dia juga masih bujangan. Informasi penutup, tapi kayaknya meja pendaftaran Bujang Idol buat dia udah tutup deh. Hehehe. Ntar gue cari lagi deh mba-mba penjaga mejanya.

Sampe mana tadi?
Ohya, soal Ay yang masuk RS untuk pertama kalinya. Bener, dia rada shock gitu waktu menerima kenyatan (hasil uji lab) bahwa dia harus mondok di pesantren RS karena positif malaria. Waktu itu hari Kamis (kalo ga salah ya, apa Rabu? Ah, gak penting!), dia kan udah ngeluh merinding disko sejak hari Senin. Sesuai pengalaman gue dalam mendiganosa gejala orang sakit, gue curiga dia sakit malaria. Emak gue bilang sih dia sok sok kena bulimia (abis dia muntah mulu abis makan). Kalo si Ay sendiri ngakunya sakit malarindu. Huhuhuhhh! Nggak ada yang beres deh keluarga gue.

Karena menjelang hari keempat doi masih aja menggigil tiap malem, akhirnya doi setuju untuk cek darah pagi-pagi. Hasilnya? Ya itu tadi. Malaria positip bo! Waduh! Gue, yang sedari awal udah haqul yakin kalo dia sakit itu malah jadi cemas betulan. Trauma. Iyalah, soalnya gue pernah kehilangan temen (untuk selama-lamanya) gara-gara sakit malaria. Makanya, gue langsung ikutan gerak cepat supaya dia bisa segera ke RS. Kita pilih RSnya di Bintaro aja, alesannya selain deket dari rumah, itu RS juga letaknya di tempat yang nggak ada pak polisinya. Loh, apa hubungannya ama polisi? Jelas ada! Soalnya gue belom ngurus perpanjangan SIM (ini juga gara-gara doi sakit, doi kan CALO SIMnya gue, hehehe). So, kalo kita pilih ke RS langganan, (yang lebih ke pusat kota dikit), gue bukan cuma bakal ditilang tapi disuruh pindah kewaganegaraan kali. Orang hukum kok melanggar hukum. Emangnya jus jeruk, jeruk kok minum jeruk?

Jadilah mulai dari tanggal 9 kemaren gue sekeluarga punya tempat piknik baru. Rumah Sakit.

Oya, di RS, si Ay dikasih peneng (gelang penanda dari kertas gitu deh) yang katanya hanya boleh dilepas kalo udah keluar dari RS (baca:udah bayar dan ngga pake ngutang, hehe). Kali dikasi peneng juga biar ngga kabur kayak emaknya Malin Kundang yang di sinetron itu kali. Ah dibahas. Ga penting banget deh lo Han...

Kalo pasien di RS tuh bawaannya pengen pulang aja, ini mah kaga! Dia kayak betahhhh gitu lo! Orang biasa masuk RS cuma tahan tiga hari, ini tiga hari pertama malah kayak lagi adaptasi. Tidur melulu, makan tak mau, minum nyembur selalu. Huh! Emang sih namanya juga orang sakit. Tapi gue juga curiga jangan-jangan dokternya sengaja tuh ngasi dia obat apa gitu, biar bawaannya "teler" begitu. Soalnya sebelum dibawa ke RS, kondisinya mendingan kok mau makan biar dikit dan dimuntahin juga. Keanehan lain, selama dia sakit bawaannya ngomel-ngomel melulu. Nggak biasa kali dapet segitu banyak perhatian, jadi nutupin tengsin. Hehehe.

Ohya, sakitnya si Ay ini membuat keluarga gue yang udah pada jarang ngumpul ini jadi ngumpul lagi. Dan rasanya, keluarga kita jadi lebih dekat (lagi) satu sama lain. Maksudnya biasanya kalo di rumah rada cuek bebek, giliran sodaranya sakit pada jadi care n baek banget gitu. Misalnya aja, UNI gue (panggilannya Utih). Doi kan sehari-hari males masak, eh ternyata pas adek cowoknya sakit, dia jadi yang paling sibuk kalo urusan perut loh. Mulai dari bangun pagi-pagi trus langsung masak, abis itu milah-milah makanan ke kotak masing-masing (buat makan kita2 yang nungguin. Makanan RS moahal-moooahallll bo! Sepiring bubur ayam aja di sana lima belas ribu! Kalo tiap hari makan di kantin RS, apa nggak jatuh miskin gue besok? Mana rasanya gak jelas pula mana buburnya mana ayamnya!).
Pokoknya si Utih jadi mendadak dangdut rajin gitu deh. Sampe dia kepikiran lagi buat buka usaha katering, dulu kan pernah niat. Makanannya ternyata enak juga bo, padahal sumpah biasanya dia tuh kalo diadu sama gue masih kalah deh masakannya kalah ancur rasanya, maksudnya. Si Aning (UDA gue yang udah anak 2) aja sampe keluar primitifnya ngegrauk kateringnya si uni. Padahal pas itu menunya cuma sayur sama chicken nugget. *Gubrak! Masak chicken nugget doang toh! Walah! Ketauan deh* Lumayan lah, berkat kerajinan UNI gue, selama 5 hari kemudian kita di RS nggak perlu ngeluarin duit lagi buat makan. Ingettt.... tanggung bulannnnn......

Lama juga loh si Ay di RS. 7 hari kali. Mustinya tumpengan tuh pas dia keluar kemarin (persis pas 17an). Soalnya, dia tuh kayak udah jadi raja aja. anak kecil abis disunat kali. Hihihi. Kerjanya cuma tidur-makan-pipis-nonton HBO-tidur lagi. Makannya sering disuapin (soalnya kalo nggak bakal luamaaaa banget dan belum tentu abis!), temen-temen kantornya pada dateng dan so bawa something lah, dan eh ternyata bosnya ada yang ngasi amplop berisi duit pula! Nah loh, ngga salah kan gue bilang tadi dia kayak anak kecil abis di-circumcision gitu?

Ohya, sakit malaria emang berat banget kali yah. Sementara tetangga sebelah kamarnya udah ganti muka sampe 4 kali (ada yang DB, tipus, sama apan gue lupa), eh dianya masih aja nginep di Ruang Kutilang. Itu nama ruangannya, don’t ask me why kenapa namanya harus burung kutilang , dan bukannya burung tertilang. *kipas-kipas* Bagi gue nama itu membuat gue terbayang sosok polisi pendekar, pendek tapi kekar, berkumis melintang yang dengan pentungannya teracung menunjuk tepat depan muka gue dan dia berkata,

"INGA'! INGA'! SIM ANDA SUDAH ABISSS!".
Huhuhu.

Si Ay ini konon selama 7 hari di sana doi nggak pernah mandi bener. Ada juga cuma mandi basuh gitu, dan ngakunya dimandiin pula. Kebenarannya dan siapa pelaku yang mandiin, gue gak tahu, karena gue dan lainnya pagi-pagi musti kerja, ngga ada yang pernah nginep nungguin doi di RS untuk menangkap basah doi melakukan upaya penghilangan daki dan bau badan harian.

Pernah nih pas gue giliran nemenin doi, eh tiba-tiba doi gelisah banget. Gue pikir ni orang kenapa, gak taunya dengan malu-malu dia ngusir gue karena mo pipis! Yailahhh! Ternyata doi pipisnya di kamar dan bukan di WC! Padahal setelah diusut, sebenernya doi tuh tiap pagi mandi (sendiri!) di kamar mandi. Artinya kan kalo cuma mo pipis doang bisa dunk jalan ke jamban bentar. Ini mo praktis ajah. Dasar cowok! Mentang-mentang ga perlu jongkok!
Keluarga gue emang (Alhamdulillah berkat perhatian dan asupan gizi dari nyokap jadi biasa sehat semua) baru 2 kali ada yang rawat inep di RS gitu, dan baru kali ini GUE ngeliat yang namanya PISPOT!
Iya, pispot!

Pis-pot!

(tempat) Pi-pis di pot!

Ngomong-ngomong soal pispot, si Utih tuh yang paling rajin buangin isinya. Baek amat ya? Padahal udah ada yang bertugas gitu loh. Ohya, gue pernah tanya sama Ay,
Gue : Kalo nggak ada Utih, siapa yang buangin isi pispot?

Ay : Suster donk.

Gue : Ye, kan susternya dateng ngga tiap saat. Kalo udah penuh gimana? Terpaksa jalan sendiri kan.

Ay : Ngga dong. Gue kan tinggal manggil susternya trus bilang gini *dia nunjukin tampang anak kecil minta dibeliin permen* "Susteeeer... saya mo pipiiiiiis..."

Gue : *pingsan*

Masih soal pispot, waktu itu malem. Aning (UDA gue nomer dua) baru pulang dinas kerja dari Bandung, jadi dia sempetin ke RS tapi mo pengen cepet2 juga dia pulang sebelum jam 9. Kangen sama Anca dan Ale, ponakan gue. Sebelom kita pamit, si Ay minta isi pispotnya dibuangin. It's Ok karena ada mpok gue yang baik hati. Tapi ternyata di WC lagi ada orang. Gebleknya, mungkin berasa lagi di rumah, mpok gue NGETOK PINTU WC! Padahal kan hak pasien untuk mendominasi WC lebih besar dari antrian penunggu?! Yang lebih geblek lagi, eh ternyata orang yang lagi make WC (udah om-om, pasien sebelah) NGEBUKA PINTUNYA! Kepala si Om nongol dikit dari balik pintu untuk dengan logat Jawa Tengah dan wajah herannya

dia bertanya, "Ono opo tho, mbak?"

Utih : "..." *pingsan*

Bujug, jadi kayak ngeliat adegan Cilukba.
Untung aja nggak pake adegan panas *seperti kalo AC RS mendadak mati gitu, kan gerah!* soalnya si Om sebelah itu langsung nutup pintu lagi dan masih lama di dalem, alias bisa disimpulkan dia belum tuntas menunaikan hajat.

Karena ngga sabar, Aning memberikan ide brilian. Membuang isi pispot ke... WASTAFEL! Omaygodd! Emak gue dan gue langsung mengkeret di pojokan pintu demi menyaksikan dua orang gila itu menyiram tiga liter cairan kuning ke atas wastafel. Busyet, mendinglah kalo cairan Wipol, kan bisa sekalian buat bersihin kloset? Gue dan nyokap langsung trauma dan bersumpah akan menjauhi wastafel apapun selama beberapa minggu ke depan.

Bagian terkonyolnya, persis si Utih balik lagi ke wastafel buat nyuci tangan (berarti pispot keparat itu udah dibalikin ke kandangnya di bawah ranjang), pintu kamar mandi TERBUKA! Dan kamar mandi itu letaknya persis di sebelah wastafel! Dan ranjang bagian si Om letaknya persis di samping wastafel! Hoaaa.... si Aning dengan cerdasnya langsung nyuruh Utih berlagak nyuci tangan pake sabun cair. Mesra amat! Cuci tangan ampe berduaan! Sabun cairnya dikeluarin banyak-banyak biar harumnya saingan sama harum cairan berseni dan bercita rasa tinggi yang barusan tergenang.
Blup blup blup.

Kata si Aning, Om sebelah itu sih ngga liat kok adegan akting menutupi kejahatan pembuang air seni yang layak dapet Oscar itu. Tapi ngga tau juga sih, karena yang volumenya ampe 3 liter itu ngebuat airnya ngga langsung turun dan ilang saat si Om lewat. Kali-kali aja si Om sempet ngintip dan bingung. Buang sirup markisa kok banyak amat!
Untung dia ga sampe manggil hansip suster.
Bagi kamu-kamu yang bakal kebetulan lewat atau mampir di RS Internasional Bintaro, Ruang Kutilang kamar 3572, gue saranin jangan sekali-kali pipis di wastafel di KAMAR ITU yah!
Pokoknya
JANGAN!!!!

Ps : Gue harap malem itu si Om nggak sampe mimpi berendem di bak yang airnya kuning semua gara-gara kebauan. Huhuhuhhh!

Comments

Popular posts from this blog

My Friends, My Dreams. Novel dan TV Series. (Review, bagian satu)

Udah lama banget gue pengen nge-review Serial TV berjudul My Friends, My Dreams ini. Novelnya juga sih. Tapi gak sempet-sempet. Oke, mungkin tulisan ini bukan jenis review, ya seenggaknya, serupa review. :p Novel My Friends, My Dreams. Karya : Ken Terate adalah novel –para pemenang sayembara TeenLit Writer- yang pertama gue beli. Gue suka banget novel ini, karena SANGAT BERBEDA dengan novel TeenLit lainnya. Thumb up buat kejelian penulisnya. As we all know, novel bergenre remaja, tentu aja, mengetengahkan kehidupan remaja (hehe, infonya gak penting banget!). Banjirnya sinetron remaja yang sangat gak mutu seperti sekarang, membuat kehidupan remaja sekarang kayaknya cuma berkisar pada kejadian konflik dengan teman, rebutan pacar, cinta gelo, sampe remaja pelaku krimimil. Hellloooooow! Zaman gue sekolah dulu, emang sih rame ikut tawuran, atau digencet kakak kelas, tapi kayakna gak semonoton gitu deh. Masa remaja adalah masa yang paling indah, dan kehidupan sekolah itu menyenangkan. Setuj

My Friends, My Dreams. Novel dan TV Series. (Review, bagian dua)

Sampe suatu ketika, gue kebetulan lagi nonton Kiamat Sudah Dekat (KSD). Pas lagi iklan, ganti chanel, ternyata Serial TV itu muncul di TV7. Sejak itu, gue gak pernah absen nonton (ganti-gantian sama KSD). Gue sampe bela-belain pulang cepet buat bisa nongkrongin TV, apalagi sekarang jam tayangnya dimajuin jadi jam 20. Untung aja tayangnya hari Jumat. Pas mo wiken banget tuh! Gak nyangka, Serial TV-nya (plis deh, ini bukan “sinetron”. Oke?) malah lebih bagus dari yang waktu gue bayangin visual isi novelnya. Aktingnya alami banget. Tiap kejadian selalu bisa membuat gue ikut senyum, hanyut dalam emosi yang wajar, dan yang paling gue suka : ada nilai positifnya, dan itu sangat dominan. Two Thumbs Up!!!! Yang paling gue suka (lagi) adalah bagian di mana Mading Sekolah dikembangkan menjadi TV Sekolah! Semoga aja ini bisa jadi inspirasi buat para remaja yang senang beraktivitas dan ingin memajukan sekolahnya. Gue liat tiap episode, iklannya semakin bertambah dan bahkan jam tayangnya dimajuin

Fear Factor versi Indonesia (#1- Tantangan yang gak kacangan)

Nonton Fear Factor Versi Indonesia kemarin, ada dua hal yang ingin gua komentari, dan itu akan gua bagi dalam 2 tulisan. Yang pertama, bahwa reality show tentang memerangi rasa takut ini memang sangat menarik -kalo gak bisa dibilang keyen- Di luar kenyataan bahwa sampe sekarang persertanya masih didominasi orang-orang yang katanya-lumayan-beken-dan-tampang-kayak-maksa -musti-cakep itu (biasa deh, stereotip dunia hiburan, orang Indonesia kayak malu ama tampang asli bangsa sendiri), tantangan yang harus dihadapi peserta memang cukup berhasil "mbikin-takut-n-jijik". Sesuai temanya, yaitu faktor yang menakutkan, tantangan tersebut gak semata berupa tantangan fisik yang memerlukan otot kawat-tulang besi. Hal ini yang paling menarik, mengingat gak semua orang sekuat Gatotkaca, tapi belum tentu seorang Superman berani tidur dalam kotak kecil bareng sekumpulan tarantula berbisa. Ohya, ada dua hal yang paling gua suka dalam menghadapi tantangan : yang menguji nyali, dan mengadu kecer