Skip to main content

Bad! Sweet? Bad! But I wish it will be Sweet again :)

Akhirnya... Ujian gue kelar juga. Gila bo, keteteran banget jadi anak sekolahan gini, mana semuanya musti pake bahasa Inggris essay lagi! Pfhiuhhhh...!!
Sori yah temans, gue jadi jarang blogwalking nih, mana koneksi internet di t4 gue makin ancurrr!!! *sigh*

Aaah, suasana hati gue lagi mellow banget niy, dari kemaren misuh-misuh ajah! Ga asyik ah! :( Keknya seh gara-gara PMS, tapi mungkin lebih karena gue bener-bener cemas mikirin Adik bayi yang belum seminggu lalu lahir. Hiks, sampe sekarang dia masih di RS, *hiks hiks* dokter masih meneliti penyakitnya apa, dan gue denger sih kemungkinan berhubungan dengan jantungnya *pengen nangis rasanya* Uhhh, mudah-mudahan diagnosa sementara itu salah!!!! *sigh* Adik bayi ini (namanya udah ada sih, tapi belum dipastiin, karena ortunya lebih sibuk mikirin keadaan dia daripada urusan namanya), adalah bayi cowok pertama buat keluarga gue. Kakaknya, Anca adalah cewek dua tahun yang lincahnya minta ampun, gue ngga bisa bayangin kalo adiknya terpaksa harus lebih kalem dari kakaknya, apalagi adiknya ini cowok. Aaah, gue cuma bisa berdoa ajah. :(

Sekarang gue mo bikin PR dari mba Indahjuli, PR ini udah basi banget kalee, hehehee... tapi namanya juga dikasi tugas, ya harus ngerjainlah. Gue juga nih kalo udah kayak gini jadi berasa dikejer-kejer janji sampe ke alam mimpi, hihihi, kalo belum ngumpulin kan ngga boleh pulang! :p

6 Bad Memories
Bukan Worst, karena gue nggak ingat masa yang PALING buruk, dan btw stuktur est biasanya bukan kalimat jamak, kan? :)
Alhamdulillah, sampe sekarang gue masih bisa bertahan melewati masa-masa yang sulit dan jelek, tapi nggak sampe merasa buruk-lah.

1. tahun 1995-1998, pas SMA
Ada yang bilang, masa SMA adalah masa yang terindah dalam kehidupan remaja, ugh, itu nggak terjadi sama gue. Sebaliknya, masa remaja terbaik gue adalah saat di SMP 88 Slipi (SMPnya si Lupus tuh, hihihi), benar-benar masa yang menyenangkan selama gue bersekolah. Tapi sekarang gue harus cerita bagian Bad Memories yah.
Waktu gue mau masuk SMA tu keluarga gue juga pas lagi pindahan rumah dari Slipi ke Bintaro. Deuh, ceritanya panjang banget, dari yang tadinya nyokap pengen gue masuk SMA di Jaksel biar deket rumah, eh malah keterimanya di Jakpus, coba?! Gue nih korban kesalahan sistem rayon yang saat itu baru diberlakuin (sekarang masih pake sistem ginian ga?). Males cerita banyak, yang jelas gue sangat ngga menikmati masa tiga tahun itu :(
Sakingan ngga menikmatinya, prestasi gue nurun banget waktu SMA. Tapi kalo mo dipaksain sih, gue punya kok prestasi di bidang lain. Juara Telat, Tukang Cabut ke Mal (kelas 2 aja sih), Siswa Yang Paling Sering Keluar Masuk Kantor BP, Suporter Tawuran, hihihi. Pokoknya yang ga ada manis-manisnya deh :p Amit-amit kale dibandingin dengan gue yang imut-imut waktu SMP. Xixixi.

Tenang-tenang, gue udah lama tobat kok :p

2. 2002-2003, tahun kegelapan buat gue
Salah satu faktor kenapa gue bener-bener betah kuliah di Padang, dan batal ikut UMPTN lagi tahun berikutnya (biar dapet UI), adalah faktor betapa ramah dan menyenangkannya teman-teman baru gue di Padang. Wajarlah, ibaratnya, gue baru mengalami masa sulit selama tiga tahun, jadi preman pula, hehehe, dan sejak hari pertama Ospek gue udah merasa betaaahhh banget di sana. Tahun pertama kuliah adalah tahun terbaik dalam hidup gue, yang ngga akan pernah gue lupain. Tapi karena cerita ini masuk sub Bad memories, gue musti cerita yang bagian BAD-nya deh.
Sedih juga, hari-hari excited and happy gue di kampus tertinggi di Asia itu (kampusnya di puncak bukit bo!), malah memburuk justru di saat gue mau lulus kuliah. Segalanya berawal dari saat gue AKHIRNYA tau ada yang ga beres dengan keadaan di rumah gue. Saking sayangnya sama gue, keluarga gue ngga pernah cerita soal jelek-jelek keadaan di Jakarta, hingga akhirnya gue liat sendiri gimana kaconya situasi waktu gue pulang Lebaran 2002. Males ah cerita ginian, yang jelas that's all why i hate credit card, wild-woman, scoundrel man. Aaargghhh!!!!!!

Humm, really itu tahun yang beraaaat banget. Parahnya, saat gue lagi berusaha menata kehidupan pribadi gue supaya balik ke normal, eh, (orang-orang yang tadinya gue kira) temen-temen gue mendadak menjauhi gue. Mendadak!
Tiba-tiba mereka pergi, ninggalin gue kayak gue punya penyakit menular gitu.
Menjauh satu persatu, tapi dengan cepat. Seperti, barusan terjadi gempa lokal dan gue terpisah ribuan mil dari lingkungan yang semula gue percaya.

Tadinya gue ngga tau masalahnya apa sih sama gue, tapi kemudian beberapa orang yang masih mau deket sama gue ngasih tauin penyebabnya, dan gue pada akhirnya cuma bisa ketawa dengernya. Ketawa ngga jelas, karena gue tahu nggak ada yang perlu gue lakuin untuk mengatasi masalah baru ini. Nggak penting.
Hmm, kalo inget sama kejadian ini gue jadi inget cerita tentang cewek bernama MOIRA (bagi yang tau siapa "Moira" ini, ya ceritanya gue "kek gitu" deh walo kejadiannya bukan "kayak gitu", sedangkan bagi yang nggak tau Moira, gue ga niatan ngasih tau, hehehe). Saat Moira dijauhin sama (orang-orang yang tadinya dia kira) temen-temennya karena sesuatu hal yang jadi desas desus santer di lingkungannya, tanpa pernah seorangpun melakukan klarifikasi langsung pada Moira, dia memilih bersikap masa bodoh. Pilihan bijak. :) Ya, buat apa juga teriak-teriak pada orang yang cuma akan mencibir saat mendengar pernyataan kita, dan tanpa ditanya pula? Sedangkan bila mereka bertanya pun dan kita menjawab, belum tentu juga mereka mau percaya. So?

Bagi gue saat itu, gue punya buaaanyak urusan yang lebih berat dan lebih penting daripada harus memohonkan persahabatan itu bisa kembali seperti semula. Gue jadi bersyukur ego gue masih cukup tinggi, dan terbukti menolong banget. Saat kita sedang punya banyak masalah berat dan butuh teman sebanyak-banyaknya untuk berbagi, dan kita malah dijauhin sama mereka, jangan pernah manjadikannya sebagai masalah baru dan makin bersedih. Prinsipnya La Tahzan aja kale, justru dari situ kita jadi bisa melihat siapa orang yang benar-benar TEMAN kita, dan mana yang palsu. :) Hidup ini terlalu indah untuk dihabiskan dengan air mata!

3, dan 4, 5, 6. Tau ah, lupa, hehehe.
Gue jarang berlama-lama mengingat hal yang jelek. Yang dua tadi juga karena berbekas banget aja, itu pun karena jangka waktu mengalaminya sampe tahunan gitu. Kalo ngga, paling gue juga udah lupa. Lagian, ngga ada gunanya mengingat yang jelek-jelek kan? :)

6 Sweet Memories
Masa-masa yang indah? Wah, banyak! Hehehe... Tapi karena dibatesin cuma 6, ya 6 ajah.
1. Masa-masa SMP (1992-1995)
Seperti gue bilang tadi, gue SMP nya di 88, yang sekolahnya jadi seting sekolahnya Lupus itu lohh *norakdotcom* Well, ngga bisa diceritain deh, saking banyaknya kenangan indah di SMP ini. Ohya, pertama kali ditaksir cowok *hore, gue laku! Wakakakaaa!* juga waktu kelas tiga SMP di sini. Lucu banget, gue taunya justru pas kita udah mau lulus. Maklum deh, waktu itu gue baru 13 taun dan masih polos. "Jatuh cinta?" Makanan apaan tuh, hehehe...


2. Umur 14, dinyatain lulus ujian setir mobil sama Uda gue (1995)
Tapi belum boleh dapet SIM-lah. Gue pertama belajar nyetir umur 11 tahun, kelas 1 SMP. Awalnya sih cuma buat main-main, soalnya nyokap tadinya ngga ngizinin, biasalah anak Mamiiiiiiih, takut kenapa napah. Lagian badan gue umur segitu kan mungil banget di balik setir. Hahaha. *Sampe sekarang juga masih kale :p* Baru setelah gue pindah ke Bintaro dan harus sekolah di Jakpus, Uda gue kan disuruh ngaterin gue kalo hari Sabtu. Nah, dia ngga mao, karena dia pengen bangun siang. Jalan tengahnya, gue disuruh belajar nyetir sama dia, keluar masuk jalan "tikus" di daerah Rempoa itu loh, kan banyak tuh jalan super sempit kanan kirinya got gede, plus latihan nyalip ala sopir angkot, di kawasan macetnya Ciputat sama Tomang. Wah, parah pelajarannya sama Uda gue ini, soalnya jago nyetir bagi dia tuh bukan cuma kebut-kebutan, katanya, tapi harus bisa ngendaliin pas di tanjakan, nyelip waktu macet, hingga bisa ngelewati banjir dengan selamat. Makanya girang banget waktu dia nyatain gue lulus ujian dia. Alhasil, bener juga, tiap Sabtu pagi jadinya gue berangkat sekolah nyetir, dan Uda gue dengan sukses ngorok di sebelah. Lumayan, perjalan dari Selatan ke Pusat makan waktu 1 jam bo! Pantesan dia milih ngelanjutin tidur. Hihihi...

3. Awal kuliah (1998-2000)
Bener-bener saat terbaik dalam hidup gue. Gue juga nggak nyangka, bisa survive sendirian di Padang. Emang sih ini kan kampung moyang gue, hihihi, tapi gue kan aslinya anak Mama yang masak aer aja gosong, gitu lho! Huwahahahahhh!!! Kuliah di sini bener-bener mengubah gue dari anak manja yang pergi ke dokter aja selalu minta ditemenin, menjadi seorang yang single fighter, brave, mature-would-be, mandiri, kuat, *walah-walah, gatotkaca kaleee...* yang paling penting adalah, menjadi gue berhasil manusia ceria yang super fleksibel di semua kondisi. Hehehe...
Ternyata kesendirian pun bisa berubah menjadi kemandirian. :)

4. Waktu mencapai puncak Kerinci (1999 & 2001)
Hmm, dari semua gunung yang pernah gue daki, gue tjintah banget sama gunung tertinggi di Sumatra ini. Selalu pengen balik dan balik lagih. Bener-bener sweet memories deh. Semua rasa cape sewaktu mendaki hingga 3000 mdpl bakal terbayar ketika sampe puncaknya. Tak terkatakan rasanya berada di Kerinci itu, padahal paling lama kita cuma bisa tahan 1 jam di puncaknya, pagi hari, karena cuaca ngga pasti.

5. Kelarin "novel" pertama, (2003)
Gue pernah cerita di blog ini, di title Kisah tentang novel pertama, yaitu "novel" pertama gue yang sepanjang hampir 200 halaman. Gue bikin cerita itu untuk ikut lomba mengarang di sebuah majalah, dan walaupun nggak menang, gue tetep seneng, karena secara ngga langsung itu ngebuktiin kalo gue bisa bikin sebuah karya cerita yang berkesinambungan. Sejujurnya, novel itu semi-real banget, tentang apa yang gue alamin selama tahun itu, tahun-tahun terberat dalam hidup gue. Gue bikinnya emosional banget, apalagi batas waktu lombanya udah mepet banget, tinggal seminggu. Jadilah gue kelarin "novel" itu benar-benar dala waktu satu minggu sajah. Hebad *menurut gue sih* Pantesan ngga menang, hihihi. Sampe sekarang, gue masih suka nangis kalo baca lagi "novel" itu, antara karena menghayati isi cerita, sekaligus selalu merasa bangga ternyata gue bisa menghasilkan sebuah karya. Walah-walah, cengeng gini jadi inget judul novel Cinta Penuh Air Mata nya Andrei Aksana. Hihihi.... Gue belum pernah baca novel itu, tapi judulnya keingetan terus kalo lagi feeling down oi. Dahsyat, men! Huahahahh!

6. Abis baca komik Imadoki (September 2003)
"Abis baca komik jadi hepi?" Beneran! Gue ngerekomendasiin banget deh ini komik, buat terapi mengembalikan semangat dan membuat hari-hari kita lebih bahagia dengan senyuman.
Seperti gue bilang tadi, tahun 2003 adalah masa sulit bagi gue, hingga gue hampir lupa caranya tersenyum. Nggak bohong deh, kalo ngeliat foto-foto gue, kebanyakan selalu dalam wajah ceria gitu, gue juga masih geli sendiri kenapa selama dua tahun itu muka gue hampir selalu ditekuk akibat stress panjang. Hahaha. Mana selain lagi ketimpa masalah-masalah about pribadi, relasi, hingga kondisi finansial, gue kan juga stress karena ngadepin ujian skripsi (Bo, pas hari ujian itu jerawat gue ada empatbelas, gede-gede lagi! Huahaha). Kata yayang gue dulu, gue bersuara hanya untuk marah-marah atau mellow. Beda banget dengan gue yang dia kenal pertama kali, waktu suara cempreng dan ketawanya gue membahana di sepanjang koridor gedung F, bikin beberapa dosen sempet bolak balik keluar ruangan hanya untuk nyuruh gue (dan temen-temen gue) diem.
Makanya, setelah dua tahun menahan perasaan tertekan, gue bagai mendapat sebuah pencerahan banget waktu selesai baca komik Imadoki. Ini manga karya Watase Yuu. Sejak bagian pertama komik ini (ada 5 komik), tokoh utamanya si Yamazaki yang di gambarnya selalu tertawa walaupun sedang sedih itu seperti membuat gue sadar, larut dalam perasaan sedih terus-terusan itu ngga ada gunanya. Semua orang punya masa-masa berat dalam hidup, tapi hanya orang yang punya semangat dan selalu berpikir positif-lah yang akan selalu bisa merasa bahagia walaupun sedang sedih. Merasa bahagia itu penting banget! Semuanya berawal adri pikiran positif dan ketulusan hati. Halahh, gue kek Anand Khrisna geneh! wakakakkk!...
Beneran deh, pas gue khatam baca bagian 5, ya Tuhan, gue bener-bener seperti baru lahir kembali.... Gue bersyukur banget dipinjemin komik itu sama adik kos gue, dan hingga sekarang gue liat komik itu masih ada di Gramedia loh, artinya emang bagus kan! Sampe sekarang, setiap kali gue harusnya merasa sedih, gue selalu berusaha menghilangkan pikiran negatif itu dengan justru lebih banyak tersenyum. :) Nggak usah takut dikira orang gila, kan cuma senyum doang dan bukan ketawa sendiri :p
Gue pernah baca, hanya dengan menarik sudut bibir kita ke arah luar, kita akan mendapatkan perasaan bahagia yang melegakan, jauh berbeda dibandingkan kalo kita diam aja, atau apalagi kalo kita menarik sudut bibir ke arah dalam dalam, yang kadang membuat napas terasa sesak.
Coba deh. Ngga perlu alasan apapun buat merasa bahagia. Tapi tiap kali kamu butuh merasa bahagia, tarik aja sudut bibir kamu dan rasakan sensasi itu :)
*nahh, gue cocok ga jadi psikolog? Ato jadi guru senam kali ye? Tarik, embus, tarik, embus, tareeeekkk trus, mang!!!!*

Busyet dah, gue nulis apaan sih sampe jadi sepanjang ini? :p Ternyata blogging without tasking lebih nyaman daripada dapet lemper. Ha? Paan seh, hihihi.
Untung ini topik udah basi, jadi gue ngga perlu ngasi lemper ke blogger laen. ;) Tapi kalo ada yang mau bikin sih, silakan yak, ga dilarang :)

Comments

Popular posts from this blog

My Friends, My Dreams. Novel dan TV Series. (Review, bagian satu)

Udah lama banget gue pengen nge-review Serial TV berjudul My Friends, My Dreams ini. Novelnya juga sih. Tapi gak sempet-sempet. Oke, mungkin tulisan ini bukan jenis review, ya seenggaknya, serupa review. :p Novel My Friends, My Dreams. Karya : Ken Terate adalah novel –para pemenang sayembara TeenLit Writer- yang pertama gue beli. Gue suka banget novel ini, karena SANGAT BERBEDA dengan novel TeenLit lainnya. Thumb up buat kejelian penulisnya. As we all know, novel bergenre remaja, tentu aja, mengetengahkan kehidupan remaja (hehe, infonya gak penting banget!). Banjirnya sinetron remaja yang sangat gak mutu seperti sekarang, membuat kehidupan remaja sekarang kayaknya cuma berkisar pada kejadian konflik dengan teman, rebutan pacar, cinta gelo, sampe remaja pelaku krimimil. Hellloooooow! Zaman gue sekolah dulu, emang sih rame ikut tawuran, atau digencet kakak kelas, tapi kayakna gak semonoton gitu deh. Masa remaja adalah masa yang paling indah, dan kehidupan sekolah itu menyenangkan. Setuj

My Friends, My Dreams. Novel dan TV Series. (Review, bagian dua)

Sampe suatu ketika, gue kebetulan lagi nonton Kiamat Sudah Dekat (KSD). Pas lagi iklan, ganti chanel, ternyata Serial TV itu muncul di TV7. Sejak itu, gue gak pernah absen nonton (ganti-gantian sama KSD). Gue sampe bela-belain pulang cepet buat bisa nongkrongin TV, apalagi sekarang jam tayangnya dimajuin jadi jam 20. Untung aja tayangnya hari Jumat. Pas mo wiken banget tuh! Gak nyangka, Serial TV-nya (plis deh, ini bukan “sinetron”. Oke?) malah lebih bagus dari yang waktu gue bayangin visual isi novelnya. Aktingnya alami banget. Tiap kejadian selalu bisa membuat gue ikut senyum, hanyut dalam emosi yang wajar, dan yang paling gue suka : ada nilai positifnya, dan itu sangat dominan. Two Thumbs Up!!!! Yang paling gue suka (lagi) adalah bagian di mana Mading Sekolah dikembangkan menjadi TV Sekolah! Semoga aja ini bisa jadi inspirasi buat para remaja yang senang beraktivitas dan ingin memajukan sekolahnya. Gue liat tiap episode, iklannya semakin bertambah dan bahkan jam tayangnya dimajuin

Fear Factor versi Indonesia (#1- Tantangan yang gak kacangan)

Nonton Fear Factor Versi Indonesia kemarin, ada dua hal yang ingin gua komentari, dan itu akan gua bagi dalam 2 tulisan. Yang pertama, bahwa reality show tentang memerangi rasa takut ini memang sangat menarik -kalo gak bisa dibilang keyen- Di luar kenyataan bahwa sampe sekarang persertanya masih didominasi orang-orang yang katanya-lumayan-beken-dan-tampang-kayak-maksa -musti-cakep itu (biasa deh, stereotip dunia hiburan, orang Indonesia kayak malu ama tampang asli bangsa sendiri), tantangan yang harus dihadapi peserta memang cukup berhasil "mbikin-takut-n-jijik". Sesuai temanya, yaitu faktor yang menakutkan, tantangan tersebut gak semata berupa tantangan fisik yang memerlukan otot kawat-tulang besi. Hal ini yang paling menarik, mengingat gak semua orang sekuat Gatotkaca, tapi belum tentu seorang Superman berani tidur dalam kotak kecil bareng sekumpulan tarantula berbisa. Ohya, ada dua hal yang paling gua suka dalam menghadapi tantangan : yang menguji nyali, dan mengadu kecer