Skip to main content

buku! buku! buku!

Buku yang baru gue beli (tanggal 8 Januari 2006)
1. Jo(M)bless
2. Kejar Jakarta

Wah! Kemarin gue ngecek katalog buku fiksi gue , ternyata bulan Desember gue gak beli satu novel pun! Bukan karena gak ada novel bagus, tapi karena kesibukan jadi gue gak sempat hunting buku seperti biasa. Yang minggu lalu juga disempet-sempetin aja tuh, lagi nganterin nyokap belanja di Bintaro Plaza. Sementara beliau ngantri di kasir sama uda gue, gue ngacir lima menit ke Gramedia di lantai dua.

Sebenarnya gue nyari buku-buku karya bloggers, seperti Addicted to Weblog trus Belanglicious (belum keluar ya waktu itu?), atau Lost in Teleporter. Tapi karena gak banyak waktu buat nyari (ngantri kasir aja udah panjang!) jadi gue nyomot aja dua buku pertama tadi. Tadinya mau beli tiga, sama Mamimoma karya Rosemary Kesauly (pemenang teenLit writer 2005), tapi gak jadi, karena gue pikir kalo beli banyak-banyak buku ntar kerjaan gue terbengkalai. Maklum, bulan ini jadwal gue lebih padat dari biasanya, sampe awal februari. Ohya, gue berencana membuat review tentang buku Jo(M)bless, mungkin bulan depan. Percaya deh, novel ini A MUST READ! Congrats ya Ade! Btw, ternyata pengarangnya Jo(M)bless ini blogger juga loh!

Ohya, gue sampe belum bisa beli buku Harry Potter dan Pangeran Berdarah Campuran. Huhuhu…. Tebel banget! Takut gak tahan buat baca sampe abis!!!!

Balik ke soal buku, tepatnya katalog buku gue.
Whoa, ternyata jumlah novel koleksi gue sejak awal tahun 2004 udah mencapai 75 buah! Kalo ditotal sama komik (kurang terdata nih), buku fiksi yang dibeli zaman kuliah, hingga buku fiksi jenis lain jumlahnya ratusan sih udah lewat! Alhamdulillah. Emang sih nggak banyak kali ya kalo dibanding kolektor lain, tapi seenggaknya gue bangga bahwa (hampir) semua buku itu gue beli dari uang gue sendiri, dan yang terpenting adalah kondisinya masih muluuuussss kayak baru keluar dari toko buku. Gue begitu buku (katanya sih, Bung Hatta juga ngajarin anak-anaknya mencintai buku sampe segitunya ;p), sehingga gak rela kalo buku-buku gue dibaca seenaknya, dilipetlah, dibaca sambil tiduran, ditekuk, apalagi kalo diajadiin bantal! Hh!!

Gosh! Baca buku bagi gue kayak ritual. Duduk, megang kedua sisi buku dengan dua tangan, membuka sedikit saja halaman yang dibaca (gak lebar-lebar), dan perpindahan ke halaman selanjutnya harus dilakukan secara halus. Hehe… ribet ya? Kalo cuma 50 halaman mungkin masih bisa tahan. Lha, 1200 halaman?
Buku Harry Potter 5 gue baca selama 2 minggu, mulai dari sepanjang perjalanan kereta ke Bandung (mau liburan), waktu di mobil (mau belanja dari toko ini ke toko itu), di rumah penginepan (sebelum tidur, pantang bagi gue baca buku sambil makan. Takut ninggalin bercak di kertasnya!), hingga pas balik lagi (di perjalanan kereta Bandung- Jakarta), baru tamat beneran di rumah (tiga hari baca siang malem). Buku itu masih muluusssss sampe sekarang!!! Asyik kan! Hehe…

Cita-cita gue nanti kalo punya rumah sendiri, mau nyisihin sebuah kamar buat jadi perpustakaan fiksi (ilmiah juga ada sih stoknya). Rasanya betah aja berada dalam ruangan sejuk penuh buku bermutu, duduk di sofa empuk sambil nyeruput capuccino, baca buku tebel ditemeni alunan musik slow. Hmmm… *ngebayangin sambil merem* Betapa… hmmm…!!

Kalo beli baju gue sering menyesal kemudian, karena ternyata jarang gue pake. Bahkan ada tuh baju yang GAK PERNAH gue pake sama sekali sejak belinya, padahal bagus-bagus. Mungkin udah lewat selusin jumlahnya kali
Sebaliknya, gue nggak pernah menyesal beli buku. biar mahal sekalipun. Yang gue menyesal kalo ternyata tu buku isinya gak sepadan dengan harganya! Makanya gue termasuk readers yang kalo beli buku musti hunting dulu berjam-jam di toko buku. Buat apaan lagi kalo bukan buat ngintip dulu sebagian isinya! Pernah sih, gue beli buku yang gak ada buku contohnya, hanya karena tertarik dengan tag di covernya; “Pemenang I Lomba Cerber Majalah Anu”. Bukunya mah tipis, 100 halaman juga gak nyampe, tapi muahalll! Dan ternyata isinya (bagus sih tapiiiii) nggak sebagus yang gue bayangin waktu belinya! Uh!

Mengoleksi buku. Sebuah hobi yang ngajak miskin, tapi seenggaknya, bikin kreativitas gue semakin kaya!

Comments

Popular posts from this blog

My Friends, My Dreams. Novel dan TV Series. (Review, bagian satu)

Udah lama banget gue pengen nge-review Serial TV berjudul My Friends, My Dreams ini. Novelnya juga sih. Tapi gak sempet-sempet. Oke, mungkin tulisan ini bukan jenis review, ya seenggaknya, serupa review. :p Novel My Friends, My Dreams. Karya : Ken Terate adalah novel –para pemenang sayembara TeenLit Writer- yang pertama gue beli. Gue suka banget novel ini, karena SANGAT BERBEDA dengan novel TeenLit lainnya. Thumb up buat kejelian penulisnya. As we all know, novel bergenre remaja, tentu aja, mengetengahkan kehidupan remaja (hehe, infonya gak penting banget!). Banjirnya sinetron remaja yang sangat gak mutu seperti sekarang, membuat kehidupan remaja sekarang kayaknya cuma berkisar pada kejadian konflik dengan teman, rebutan pacar, cinta gelo, sampe remaja pelaku krimimil. Hellloooooow! Zaman gue sekolah dulu, emang sih rame ikut tawuran, atau digencet kakak kelas, tapi kayakna gak semonoton gitu deh. Masa remaja adalah masa yang paling indah, dan kehidupan sekolah itu menyenangkan. Setuj

My Friends, My Dreams. Novel dan TV Series. (Review, bagian dua)

Sampe suatu ketika, gue kebetulan lagi nonton Kiamat Sudah Dekat (KSD). Pas lagi iklan, ganti chanel, ternyata Serial TV itu muncul di TV7. Sejak itu, gue gak pernah absen nonton (ganti-gantian sama KSD). Gue sampe bela-belain pulang cepet buat bisa nongkrongin TV, apalagi sekarang jam tayangnya dimajuin jadi jam 20. Untung aja tayangnya hari Jumat. Pas mo wiken banget tuh! Gak nyangka, Serial TV-nya (plis deh, ini bukan “sinetron”. Oke?) malah lebih bagus dari yang waktu gue bayangin visual isi novelnya. Aktingnya alami banget. Tiap kejadian selalu bisa membuat gue ikut senyum, hanyut dalam emosi yang wajar, dan yang paling gue suka : ada nilai positifnya, dan itu sangat dominan. Two Thumbs Up!!!! Yang paling gue suka (lagi) adalah bagian di mana Mading Sekolah dikembangkan menjadi TV Sekolah! Semoga aja ini bisa jadi inspirasi buat para remaja yang senang beraktivitas dan ingin memajukan sekolahnya. Gue liat tiap episode, iklannya semakin bertambah dan bahkan jam tayangnya dimajuin

Fear Factor versi Indonesia (#1- Tantangan yang gak kacangan)

Nonton Fear Factor Versi Indonesia kemarin, ada dua hal yang ingin gua komentari, dan itu akan gua bagi dalam 2 tulisan. Yang pertama, bahwa reality show tentang memerangi rasa takut ini memang sangat menarik -kalo gak bisa dibilang keyen- Di luar kenyataan bahwa sampe sekarang persertanya masih didominasi orang-orang yang katanya-lumayan-beken-dan-tampang-kayak-maksa -musti-cakep itu (biasa deh, stereotip dunia hiburan, orang Indonesia kayak malu ama tampang asli bangsa sendiri), tantangan yang harus dihadapi peserta memang cukup berhasil "mbikin-takut-n-jijik". Sesuai temanya, yaitu faktor yang menakutkan, tantangan tersebut gak semata berupa tantangan fisik yang memerlukan otot kawat-tulang besi. Hal ini yang paling menarik, mengingat gak semua orang sekuat Gatotkaca, tapi belum tentu seorang Superman berani tidur dalam kotak kecil bareng sekumpulan tarantula berbisa. Ohya, ada dua hal yang paling gua suka dalam menghadapi tantangan : yang menguji nyali, dan mengadu kecer