Skip to main content

Tragedi Surat Berantai

Dari zaman prasejarah dulu, alias waktu kita2 cuma bisa main surat2an pake jasa pak pos, pasti kita semua pernah ngalamin yang namanya dapet surat berantai. Waktu SD secara gue anaknya polos, lugu, jujur, baik hati, ramah, tidak somobong, suka menabung (oke, CUKUP!) gue ga ngerti aja sama yang namanya surat berantai itu. Asli gue memaknai surat berantai secara harfiah; yaitu surat yang dalemnya ada bawa2 rantai... capek deh!

Pertama kali dapet surat berantai (yang ga ada rantainya) juga waktu SMP. Eh, ngom2 soal SMP, gw skulahnya di SMP 88 loh, skulahnya Lupus! *huahuahuaaa ga pentingggg!*
Waktu itu gue dapet surat kucel banget, lupa juga seh dapetnya dari mana, pak pos kali yah... pokoknya itu surat nyuruh kita mengirim lagi ke (beberapa) orang lain, disertai special note : kalo ga ngirim, kita bakal dapet malapetaka misalnya kecebur got atowa kegencet bajaj.

Ngeri deh...

Kalo kata majalah (Bobo, hahaha...) yang gue inget, setiap kita dapet surat berantai, sebaiknya BAKAR AJA! Yang ngirim surat reseeee....!!!!
Yah, whatever deh. Gak ketemu kata2 yang tepat untuk mendeskripsikannya, secara gue orangnya ga suka mrovokasi. Hehehe... Ga penting lagi dahh...

Emang sih, seumur2 gue jarang kok dapet surat berantai. Apalagi sejak era internet. Mungkin ngirim surat gituan pake pos dianggep gak zaman kali yah *btw kasian pak pos* jadinya surat berantai kini udah canggih pula, make email.
Duuuhhh, niat bener seh yang bikin surat ini...

Emang sih, kebanyakan surat (dalam hal ini, email) berantai yang pernah gue dapetin/baca selama ini cenderung mengajak kita untuk berbuat baik, bahkan mengajak beribadah. Keliatannya ga ada salahnya untuk diterusin kan? Mungkin kita bakal dapet pahala udah ngotbahin orang sampe (mungkin) bikin dia insap. Hehehe... Tapi yang bikin (gue) males adalah karena di setiap akhir tulisan selalu ada kalimat:
"Kirimkan pesan ini pada 5 orang, anda akan dapet* satu kardus indomie"

"Kirimkan pada 10 orang, anda bakal dapet* rezeki duren pasaman gratis"

"Kirim ke 20 orang, dapet* tivi berwarna 21 inch"


*) KAGAK LAH!

Enak kali ya kalo ancemannya kek gitu. Bikin nepsong buat forward ke 100 orang, mungkin bisa dapet duren pasaman 1 truk. Lha, ini ancemannya adalah:
"Kalo anda meremehkan pesan ini, beberapa hari lagi anda akan ditimpa kemalangan, ketimpa duren kulitnya doang. --> ini mah ditimpuk kaleee"

"Jika anda mengabaikan pesan ini, maka anda akan mengalami kecopetan hape, jam tangan, sepatu, dan celana di perempatan jalan."

"Jika anda menghapus pesan ini, maka tiga hari lagi anda akan mengalami sakit perut, mual-mual, gangguan pencernaan, susah nabung, dan batuk rejan. Mampus..."


Pokoknya sadis banget deh ancemannya. Mungkin itulah sebab namanya pake berantai yah? *logika orang bolot, telat benerrrr*

Di kantor gw ada intranet, yang mana fungsi primernya adalah untuk saling berkirim pesan2 penting antar bagian; fungsi sekundernya untuk saling berkirim pesan2 tidak penting antar manusia; dan fungsi tertier untuk saling berkirim pesan2 ngajak kenalan atau cari pasangan buat pergi kondangan.

Tentu aja yang paling dominan adalah fungsi sekunder. Berhubungan sama topik postingan ini, kemarin gue dapet email (intranet) yang judulnya, "Harap dibaca."
Secara belakangan ini banyak banget dapet email intranet tentang "pencarian anak ilang"-lah (dengan ciri2 ada kutil di hidung sebelah kiri???), tentang bahaya kanker serviks akibat pembalut yang ga bermutu (penting disimak tuhh!!!), sampe ke informasi adanya kamera tersembunyi di toilet wanita di Plaza Sakit Ayan (eh, gile... serem banget loh hasil jepretannya!). Intinya, secara belakangan gue dapet intranet yang memang perlu dibaca, jadi begitu ada orang yang berHARAP DIBACA (emailnya) ya gue baca dong.

Klik.
Loading.... Wait a minute.
~cling~

Ouchhh... #$%^%$@#$!!!!

Huhuhhhh... males banget. ternyata -yah- memang pesan berantai; dengan isi seperti yang gue deskripsikan di atas.

Tapi ini 'lain'.
Kalo di pesan berantai biasa kita paling cuma dapet 3 babak berupa :
babak 1 : isi pesan yang blah blah blah
babak 2 : iming2 surga kalo meneruskan pesan tersebut
babak 3 : janji2 neraka kalo TIDAK meneruskan pesan,
nah di email yang gue dapetin itu ada pembukaannya, yaitu pernyataan seseorang, kita sebut aja namanya Mumun, yang mana si Mumun ini bilang kalo dia kena "musibah" karena (dia rasa) pernah mengabaikan pesan berantai pertama yang dia dapat, sekaligus kemudian dia "ketimpa tangga waktu terjatuh" (ah, sok pribahasa banget) setelah beberapa hari sebelumnya melecehkan pesan berantai yang dia dapet untuk kali kedua. Pada kali ketiga mendapat pesan berantai (yang katanya dari negeri Onta sana) dan dia masih tidak meneruskannya, dia jatuh miskin dan jadi gelandangan**.

**)Kaga-lah!

Mumun dodol ini bilang kalo kejadian2 itu relatif berlangsung setelah dia nerima pesan2 berantai (yang sama) dan tidak meneruskannya. Dia merasa nyesel sekale dan berpikir bahwa kan ga ada salahnya kalo dia nerusin ke -oh my...- DUA PULUH ORANG SAJA? Jadi, dia 'tobat' dan mulai memforward pesan dari negeri Onta tersebut yang -HEBATNYA! ckckckckc, pada hari naas kemarin sampai ke alamat intranet gue!

Waktu ngebaca pernyataan si Mumun itu, iye Mun, gue setuju sama loe, ga ada salahnya emang kalo nerusin ke orang laen. Masalahnya, ini kan INTRANET? Nyari 20 orang yang musti gue kirimin, GIMANA CARANYA? Lo kata gue di pasar?! Secara orang2 kantor yang gue kenal dan bisa gue kirimin justru UDAH NGIRIM DULUAN KE INTRANET GUE!

Yup!
Gue mendapatkan 20 pesan intranet berjudul sama. Kampret kan!

Kalo gue baca 20-20nya, BERAPA ORANG YANG MUSTI GUE KIRIMIN LAGI?
20x20 = CAPEK DEH!

Hiks.

Karena gue lagi sibuk, gue putuskan untuk mikirinnya entar2 aja. Kalo bisa ga inget lagi malah sukur, harap gue dalem ati. Nah, sodara2ku... apakah monolog gue itu termasuk mengabaikan atau melecehkan????

Karena sepuluh menit kemudian manajer gue NGAMUK!
Oh-why-me.... H-h-hiksss... Blio marah karna menemukan kelalaian pada kerjaan gue yang sumpah gue juga sangat nyeselin itu dan siap nerima konsekuensinya, karna emang cukup fatal. Beberapa saat kemudian gue langsung sibuk, tepatnya pontang panting meminta tolong dengan amat sangat -atau lebih tepatnya lagi menghiba dan merayu- rekan gue di bagian lain (yang menyangkut problem ini) untuk menolong. Oke. Akhirnya kemarin gue lembur sampe jam 21. Hiks. Masuk angin dehhh...

Pas lembur itu, pikiran gue tiba2 teringat sama pesan intranet yang sumbernya dari si Mumun dodol (pake dodol abis kesel sih), apa GARA-GARA GUE NUNDA NGE-FORWARD YAH?!
Emang sih, kalo gue di posisi elo2, gue juga pasti ketawain pemikiran goblok itu. Kebeneran aja kaleee, kemaren2 juga gue pernah kok lalai (walo ga fatal. Belom...) Tapi suer deh. Pemikiran itu bikin gue blingsatan.

Sebelum pulang, gue ngecek intranet lagi dan gue putuskan untuk SEGERA MEMFORWARD PESAN TERSEBUT PADA 20 ORANG. Oh, sayyy... masalahnya adalah, menemukan 20 calon korban. SIAPA YAH? Males aja kalo kirim ke temen sendiri, ntar balik lagi ke gue kan GAWAT! Akhirnya gue cari aja 20 nama secara acak. Send. Aman?

No! No! NO!

Problem lain muncul.
Intranet rupanya ga bisa ngirim ke 20 nama sekaligus (yang mana kemudian gue sadar masalahnya: HARUSNYA GUE MASUKIN 20 NAMA ITU DI BAGIAN "CC" DAN BUKAN "To"!! Dasar dodol...!

Akhirnya nyoba kirim lagi. Gagal lagi (karna belom nyadar soal 'CC'). Kirim lagi. Gagal maninggg... Sampe sutris... Minum air putih dulu, baru dapet solusi. Send again. Berhasil.

Huhuhu...

Gue bersyukur banget berhasil juga ngirim 20 (atau lebih kali, orang lagi stressssss) pada malem itu juga, secara gue takut malem2 pulang sendiri ntar nyetirnya kenapa2 lagi... Huaaaa.... Alhamdulllah gue bisa sampe rumah dengan pak somat, eh selamet.

Dan guys, entah ini berhubungan dengan pesan berante yang udah gue terusin apa nggak, yang jelas besoknya (aka hari ini) gue dapet surat kontrak dari penerbit gue yang di Bandung. Seneng banget! "Banget"nya bukan sama dapet kontrak ato nilai kontraknya (abis kok keknya ada yang kuraaaaangg sih mas/mbak penerbit, hihihi) tapi banget gue seneng karena kedatangan surat itu ngebikin gue bner2 lega ga perlu mikirin efek surat berantai. Hohoho...

Pas gue cerita ke Mama soal gue dapet surat berantai, Mama langsung bilang (seperti yang blio pernah bilang 10 tahun lalu waktu gue pertama dapet surat berantai); "BAKAR AJA!"

Nah, loh...

Glkkkkk...!!!

Ada yang tau gak, GIMANA CARANYA BAKAR (EMAIL) BERANTAI?

Comments

Popular posts from this blog

My Friends, My Dreams. Novel dan TV Series. (Review, bagian satu)

Udah lama banget gue pengen nge-review Serial TV berjudul My Friends, My Dreams ini. Novelnya juga sih. Tapi gak sempet-sempet. Oke, mungkin tulisan ini bukan jenis review, ya seenggaknya, serupa review. :p Novel My Friends, My Dreams. Karya : Ken Terate adalah novel –para pemenang sayembara TeenLit Writer- yang pertama gue beli. Gue suka banget novel ini, karena SANGAT BERBEDA dengan novel TeenLit lainnya. Thumb up buat kejelian penulisnya. As we all know, novel bergenre remaja, tentu aja, mengetengahkan kehidupan remaja (hehe, infonya gak penting banget!). Banjirnya sinetron remaja yang sangat gak mutu seperti sekarang, membuat kehidupan remaja sekarang kayaknya cuma berkisar pada kejadian konflik dengan teman, rebutan pacar, cinta gelo, sampe remaja pelaku krimimil. Hellloooooow! Zaman gue sekolah dulu, emang sih rame ikut tawuran, atau digencet kakak kelas, tapi kayakna gak semonoton gitu deh. Masa remaja adalah masa yang paling indah, dan kehidupan sekolah itu menyenangkan. Setuj

My Friends, My Dreams. Novel dan TV Series. (Review, bagian dua)

Sampe suatu ketika, gue kebetulan lagi nonton Kiamat Sudah Dekat (KSD). Pas lagi iklan, ganti chanel, ternyata Serial TV itu muncul di TV7. Sejak itu, gue gak pernah absen nonton (ganti-gantian sama KSD). Gue sampe bela-belain pulang cepet buat bisa nongkrongin TV, apalagi sekarang jam tayangnya dimajuin jadi jam 20. Untung aja tayangnya hari Jumat. Pas mo wiken banget tuh! Gak nyangka, Serial TV-nya (plis deh, ini bukan “sinetron”. Oke?) malah lebih bagus dari yang waktu gue bayangin visual isi novelnya. Aktingnya alami banget. Tiap kejadian selalu bisa membuat gue ikut senyum, hanyut dalam emosi yang wajar, dan yang paling gue suka : ada nilai positifnya, dan itu sangat dominan. Two Thumbs Up!!!! Yang paling gue suka (lagi) adalah bagian di mana Mading Sekolah dikembangkan menjadi TV Sekolah! Semoga aja ini bisa jadi inspirasi buat para remaja yang senang beraktivitas dan ingin memajukan sekolahnya. Gue liat tiap episode, iklannya semakin bertambah dan bahkan jam tayangnya dimajuin

Fear Factor versi Indonesia (#1- Tantangan yang gak kacangan)

Nonton Fear Factor Versi Indonesia kemarin, ada dua hal yang ingin gua komentari, dan itu akan gua bagi dalam 2 tulisan. Yang pertama, bahwa reality show tentang memerangi rasa takut ini memang sangat menarik -kalo gak bisa dibilang keyen- Di luar kenyataan bahwa sampe sekarang persertanya masih didominasi orang-orang yang katanya-lumayan-beken-dan-tampang-kayak-maksa -musti-cakep itu (biasa deh, stereotip dunia hiburan, orang Indonesia kayak malu ama tampang asli bangsa sendiri), tantangan yang harus dihadapi peserta memang cukup berhasil "mbikin-takut-n-jijik". Sesuai temanya, yaitu faktor yang menakutkan, tantangan tersebut gak semata berupa tantangan fisik yang memerlukan otot kawat-tulang besi. Hal ini yang paling menarik, mengingat gak semua orang sekuat Gatotkaca, tapi belum tentu seorang Superman berani tidur dalam kotak kecil bareng sekumpulan tarantula berbisa. Ohya, ada dua hal yang paling gua suka dalam menghadapi tantangan : yang menguji nyali, dan mengadu kecer