Skip to main content

Susahnya cewek kaga bisa masak...

Sebenarnya cerita ini udah lama mo gue posting, tapi selalu aja gak sempet-sempet! *lirik2 tumpukan kerjaan di meja sudut*

Keluarga gue tuh hampir semuanya bisa masak, termasuk uda-uda gue. Ya, minimal masak nasi sama indomi aja sih lewaaattt! Atau kalo kehabisan ide & nyokap lagi gak sempet masak, kita paling masak yang tinggal digoreng aja, kayak ikan atau tempe. Gampang kok bikinnya. Cuma perlu alat dan bahan yang super standar, terdiri dari kompor (iyalah!), wajan, codet, minyak goreng, daaan ikan. Hehehe, anak SD juga tau!
Eitts! Apa tadi? Anak SD juga tau? Belum tentu!
*anak kuliahan aja ada yang ga bisa masak, contohnya gue DULU! Dulu lohh, dengan penekanan. Hihihi*

Enak banget punya nyokap sayang keluarga dan pinter masak. Bangun tidur sarapan udah siap, pulang sekolah tinggal makan siang, sore ada cemilan, dan malem bisa tidur pulas karena kenyang. *Hiks, I love you, Ma.*
Sampe kuliah dan harus mandiri gue gak pernah merasain tuh yang namanya masak, bahkan masak indomi aja belum pernah! Hadoh, terpaksa buka aib neeh! Ya, seperti gue bilang di awal cerita, HAMPIR semua anak di keluarga gue bisa masak. Jadi ya, gue termasuk di mana tuh. Hehe, tapi itu sih dulu kok, sekarang masak udah jadi hobi sampingan (emang profesi aja yang ada sampingannya).

Kalo sekarang ini kadang pagi hari gue sempetin bikinin sarapan kalo emak gue pas lagi pergi senam di kelurahan (biasalah, anggota Klub Jantung Sehat gitu!). Itung2 persiapan buat nikah, hihihi *ngebayangin gue kerepotan ngurusin bayi tiga tahun yang baru bangun dengan ninggalin danau pesing di kasurnya sementara suami gue teriak2 nanyain dasinya yang warna biru tosca, sedangkan gue lagi berdiri di depan kompor panas, stress berusaha membalik ikan gurame seberat satu kilo yang lengket di penggorengan*.
Oh, Maaa, malah jadi teringat dirimu lagi. Ternyata seheboh itu menjadi seorang ibu... Maafin kelakuan anakmu yang bengal ini yah...

Kalo hari libur dan gak perlu bersihin aquarium si Anjani, Bonnie & friends (ikan louhan dan sekawanan mas koki piaraan gue), biasanya gue bikin kue atau es krim. Oh sudahlah, gak usah bayangin gue dengan celemek kotak-kotak sedang menakar terigu agar punya ukuran yang pas, gue gak sepintar teh inong dalam hal ini. Lebih tepatnya, gak serajin dan gak setelaten itu. Hihihi. Secara gue paling ga betah berlama-lama mengaduk dan mengulen sesuatu.
Jadi gimana dong, katanya gue suka masak kue? Suka bikin es krim lagi!
Lho, jawabannya gampang banget, kan ada tepung kue instan!!! Hihihi.
Kalo ada yang gampang ngapain dibikin susah!? *Tanyaken_napa?*

Kasus Es Krim Coklat FULL WATER
Awal mulanya gue suka bikin konsumsi instan inipun ga sengaja. Yang pertama gue bikin adalah es krim rasa coklat. Ceritanya emak gue dapet jatah jadi bandar arisan RT, jadi kakak gue disuruh beli 2 kotak tepung kue Sponge Pondan. Tapi rupanya dia terburu-buru aja ke kasir, dan bukannya tepung kue yang terbeli tapi tepung es krim. Walhasil tu tepung es krim nganggur di lemari selama 1 bulan karena emak gue kira bikinnya ribet. Dan gue, semakin njelimet sesuatu hal, anehnya malah bikin gue jadi tertarik untuk mencobanya.

Yea, lucu juga percobaan pertama gue bikin adonan es krim, secara gue gak tau air 300 cc itu segimana banyaknya. Gue inget-inget kayaknya 100 cc = 1 gelas. Jadi gue tuang aja air 3 gelas ke mixer berisi tepung es krim 1 kotak (lupa ukurannya). Pas nge-mix, bingung sendiri, kok banjir yah? Masa bikin es krim banyakan airnya?
Pas lagi binun gitu, gue teringat kemarin beli segelas aqua dari Blok M, masih ada di kulkas, dan gue lihat ukurannya 240 ml. *ml=cc?!*

Omaygodd!
Karena gak mungkin ngurangin debit air yang udah dicampur tepung coklat, alternatif paling bijak adalah menambah volume tepung es krim. Jadilah gue lari-lari ke Alfamart deket rumah, cuma buat beli tepung es krim coklat sebanyak 2 kotak lagi. Halahh!

Dari tadi ngomongin soal masakan instan, trus apa dong makanan sehat yang pernah gue bikin dengan cara manual?

Gak bisa masak malah bisa obesitas

Hehe, gue jadi inget lagi waktu masih ngekos di Padang. Di sana lebih parah lagi. Selama 3 tahun pertama gue bahkan gak pernah megang wajan yang dibeliin emak gue. Minyak tanah di kompor gue gak abis-abis sebelum 6 bulan. Padahal sebage anak kos musti berhemat kalo beli makanan, karena rata-rata kos di situ nggak pake jatah makan. Dibilang merana karena nggak ada makanan siap santap kayak kalo ada emak gue, nggak juga. Malah, pada tahun pertama kuliah, gue mengalami overweight hingga 11 kilo! Dan baru turun justru pas pulang ke Jakarta. Pelajaran yang gue petik dari kasus obesitas ini adalah makan teratur itu memang menyehatkan. Gue gak pake acara diet segala pas balik kuliah, cuma makannya kembali teratur aja. Aneh juga, dalam 3 bulan overweight yang 11 kilo itu nyusut hingga 9 kilo. Wow!

Eh, kok jadi cerita yang itu?
Maunya cerita yang ini deng.

Ayam Goreng Rasa Sendal Karet
Suatu hari sobat gue mo pindah rumah, dan gue diminta nemenin dia beberesan. Sebage temen yang baik, gue sih oke-oke aja. Gue kira dia mau minta bantuan tenaga gue buat ngangkut-ngangkut kasur ato geser-geser lemari ato apa gitu. Gak taunya dia juga temen yang baik. Dia ngasih gue tugas yang lebih ringan, MASAK!
Duhai, aneh deh, di kalangan temen-temen cewek gue dulu, gue terkenal paling suka masak! Yang bener aja, padahal mereka cuma pernah lihat gue masak kornet plus tempe goreng.

Btw, emang parah ya cewek-cewek zaman sekarang, pada kaga bisa masak! "Gimana ntar punya suami?" kata emak gue suatu ketika.
Pagi-pagi sobat gue (kalo dia baca ini, semoga di ngerasain kangennya gue sama dia) ngajakin ke pasar deket rumahnya, belanja ayam kampung satu ekor komplit, plus beberapa macem calon masakan. Jadilah gue masak ayam goreng dan dia gotong-gotong kasur ke rumah sebelah. Diiringi hentakan lagu The Corrs yang lagi beken waktu itu, Runaway.

Prosesi masak ayam itu jadi ribet banget. Sumpe dahh, gue kaga tau tu ayam musti diapain, secara udah 3 tahun gue gak pernah masak ayam. Kalo ikan sih tinggal garemin dikit trus dicemplungin ke penggorengan penuh minyak. Setelah gue kira-kira, daripada kita berdua mati keracunan bumbu gak jelas kalo gue nekat ngebikin gulai segala, jadilah gue pilih MENGGORENG aja tu ayam pasrah.
Bingung, sumpah! Mana temen gue sama kaga taunya dengan gue tu ayam musti diapain! Gue bilang, napa kaga beli ayam jadi aja seeh, tinggal makan & lebih murah pula. Dia jawab, dia mau ngasih gue kerjaan masak sementara dia ngangkutin kasur berat. Ya ampunn!

Ini nih namanya situasi The Wrong (Wo)Man in The Wrong Place!
Oh ya, di rumah itu gak ada satupun manusia yang bisa diajak berdiskusi dunia per-ayam-an, jadi ya wajar aja kalo kita berdua blingsatan sendiri.

Sisa kecerdasan gue bilang, masa seh ayam digaremin doang, keknya kaga mungkin deh. Setelah gue inget-inget, emak gue biasanya ngebumbuin setiap dagingnya minimal dengan ulekan bawang dkk. Jadi ya gue olesin aja ulekan bawang ke ayam-ayam geblek itu, trus langsung cemplungin dah ke wajan full minyak goreng. Sempet bangga juga, waktu diangkat dari penggorengan, ayamnya wangi banget bo! Temen gue udah ngiler aja nyiumnya. Tepat jam 1 kerjaan kita masing-masing beres. Gue kelar masak dan dia kelar bebenah. Abis sholat kita langsung nyerbu meja makan dan makan dengan beringas, kayak serigala buka puasa. Gue bikin temennya nasi tuh sup brokoli plus cincangan bakso dan sosis (kalo gak salah), telur dadar (standar anak kos), dan si ayam goreng tadi. Sampe di dua menu pertama gak ada masalah. Eeeenyak, enyak, enyaaak. Giliran makanin ayamnya, suasana jadi hening.

Temen gue : Kok ayamnya jadi kecil gini ya? Perasaan tadi gue pilih ayamnya gemuk banget, emang kalo digoreng pasti nyusut ya? ]


Gue : Iya kali. Udang kalo digoreng juga suka tinggal seupil.

Temen gue : Hmm *mulai mengunyah ayam*

Gue : *merasa aneh* Kok alot banget ya?

Temen gue : xixixi *ketawa, dia suka banget ketawa, klop ama gue* Gue juga mo bilang gitu. Kok ayamnya keras gini ya? Lo goreng ayam pake lem kayu apa?

Gue : *ikut ketawa* Busyet, bener-bener alot neh! Karet aja masih bisa dikunyah kalee!

Temen gue : *ngakak berat*
Kita berdua ketawaaa terus sepanjang makan siang. Ayamnya sih abis juga *memang sebenarnya rasanya gak separah sendal karet, itu kan cuma hiperbola aja :p*

Abis itu gue smsin cowok gue, ga malu-malu nanyain resep bikin ayam goreng yang baik dan benar. Sebenarnya gue bukan mau nanyain dia, tapi emaknya. Dia mah sama aja payahnya kek gue dalam dunia kuliner. Akhirnya sore itu doi dateng dengan sehelai kertas yang dinanti-nanti. Ilmu kanuragan tertulis dengan judul : "CARA MEMASAK AYAM GORENG, Sebuah Resep Bagi Pemula", titipan emaknya tercintah. Hadoh! Malu-maluin ajah! Mana pake font gede-gede pula!

Setelah kronologis panjang lebar untuk mencari di mana salahnya ayam goreng cita rasa sendal karet bikinan guwah, *hiks* doi guwah terbujuk juga untuk mempraktekkan keahlian yang baru saja diperolehnya dari penjelasan emaknya. Sambil ketawa-ketawa, kita bertiga clubbing di dapur temen gue, masak potongan ayam yang masih tersisa. Rupanya sebelum dimasukin ke penggorengan ada ritual khusus buat si ayam, yaitu dimandiin alias musti direbus dulu di panci full bumbu ini itu (supaya bumbu meresap dan dagingnya jadi empuk) baru setelahnya digoreng. Bener aja, pas kita bertiga makan malem pake ayam goreng cita rasa baru, hmmm, ini baruuu eeeenyak enyak, enyaaakk!!! Abis deh ayamnya malah, gak bersisa lagi buat besok siang (Mending beli ajah! Kata temen gue). Abis juga gue dicengin sama mereka seharian. Nasiiiibb!!!

Comments

Popular posts from this blog

My Friends, My Dreams. Novel dan TV Series. (Review, bagian satu)

Udah lama banget gue pengen nge-review Serial TV berjudul My Friends, My Dreams ini. Novelnya juga sih. Tapi gak sempet-sempet. Oke, mungkin tulisan ini bukan jenis review, ya seenggaknya, serupa review. :p Novel My Friends, My Dreams. Karya : Ken Terate adalah novel –para pemenang sayembara TeenLit Writer- yang pertama gue beli. Gue suka banget novel ini, karena SANGAT BERBEDA dengan novel TeenLit lainnya. Thumb up buat kejelian penulisnya. As we all know, novel bergenre remaja, tentu aja, mengetengahkan kehidupan remaja (hehe, infonya gak penting banget!). Banjirnya sinetron remaja yang sangat gak mutu seperti sekarang, membuat kehidupan remaja sekarang kayaknya cuma berkisar pada kejadian konflik dengan teman, rebutan pacar, cinta gelo, sampe remaja pelaku krimimil. Hellloooooow! Zaman gue sekolah dulu, emang sih rame ikut tawuran, atau digencet kakak kelas, tapi kayakna gak semonoton gitu deh. Masa remaja adalah masa yang paling indah, dan kehidupan sekolah itu menyenangkan. Setuj

My Friends, My Dreams. Novel dan TV Series. (Review, bagian dua)

Sampe suatu ketika, gue kebetulan lagi nonton Kiamat Sudah Dekat (KSD). Pas lagi iklan, ganti chanel, ternyata Serial TV itu muncul di TV7. Sejak itu, gue gak pernah absen nonton (ganti-gantian sama KSD). Gue sampe bela-belain pulang cepet buat bisa nongkrongin TV, apalagi sekarang jam tayangnya dimajuin jadi jam 20. Untung aja tayangnya hari Jumat. Pas mo wiken banget tuh! Gak nyangka, Serial TV-nya (plis deh, ini bukan “sinetron”. Oke?) malah lebih bagus dari yang waktu gue bayangin visual isi novelnya. Aktingnya alami banget. Tiap kejadian selalu bisa membuat gue ikut senyum, hanyut dalam emosi yang wajar, dan yang paling gue suka : ada nilai positifnya, dan itu sangat dominan. Two Thumbs Up!!!! Yang paling gue suka (lagi) adalah bagian di mana Mading Sekolah dikembangkan menjadi TV Sekolah! Semoga aja ini bisa jadi inspirasi buat para remaja yang senang beraktivitas dan ingin memajukan sekolahnya. Gue liat tiap episode, iklannya semakin bertambah dan bahkan jam tayangnya dimajuin

Fear Factor versi Indonesia (#1- Tantangan yang gak kacangan)

Nonton Fear Factor Versi Indonesia kemarin, ada dua hal yang ingin gua komentari, dan itu akan gua bagi dalam 2 tulisan. Yang pertama, bahwa reality show tentang memerangi rasa takut ini memang sangat menarik -kalo gak bisa dibilang keyen- Di luar kenyataan bahwa sampe sekarang persertanya masih didominasi orang-orang yang katanya-lumayan-beken-dan-tampang-kayak-maksa -musti-cakep itu (biasa deh, stereotip dunia hiburan, orang Indonesia kayak malu ama tampang asli bangsa sendiri), tantangan yang harus dihadapi peserta memang cukup berhasil "mbikin-takut-n-jijik". Sesuai temanya, yaitu faktor yang menakutkan, tantangan tersebut gak semata berupa tantangan fisik yang memerlukan otot kawat-tulang besi. Hal ini yang paling menarik, mengingat gak semua orang sekuat Gatotkaca, tapi belum tentu seorang Superman berani tidur dalam kotak kecil bareng sekumpulan tarantula berbisa. Ohya, ada dua hal yang paling gua suka dalam menghadapi tantangan : yang menguji nyali, dan mengadu kecer