Skip to main content

From Padang to Bandung, for Life (part 1)

Niatnya tadi mo bobo siang (soalnya semalem baru tidur jam 1 dan bangun lagi jam 3), eh kaga bisa, yawda deh. Daripada bengong garing, mending ngeblog ajah. Melonjak-melonjak dah, pulsa dial up gue bulan ini. *garuk2*

Judul postingan kali ini agak melankolis getu coz hari ini si Ajohandsome lagi di Padang (sampe Selasa). Itut donk! Hehe… benernya gue juga have own bussiness loh hari Rabu-nya, sayangnya ga jadi lokasi di Padang, tapi dipindahin ke Bandung. Huhuhu… padahal gue ngiler banged pengen makan bubur kampiun, sate dangung-dangung (di deket TapLau), ama Martabak keju (di depan Ratulangi Photo). Hiks hiks. Ngeces deh gue ngebayangin tu martabak. Enak banged bow, boleh saingan ama martabak bandung-nya kang Erwin. Slurp slurp!!! *cegluk* Hiks.

Huhuhu... kuanennnn ama Padang! Guys, doain tuh kota (dan all in West Sumatra) ngga bakal kena tsunami yah! Biarpun ada beberapa orang nyebelin di sonoh yang di hati kecil gue pernah berharap mereka kelelep di got, *gubrak* but for all, I all Minangkabau’s place so much! Oiiii! Kalo kamu2 udah bosen ama Bali dan ogah ngeluarin 1 juta buat bayar fiskal ga jelas ke luar negri, gue saranin mending kamu2 tuh pergi liburan ke Sumatra Barat!! Tiketnya murah lagi! Dijamin gak bakal nyesel deh! Bisa bisa ga pengen pulang malah. Hehhe... Agak hiperbolis yah? Tapi kayaknya gak juga degh. Ok, berhubung gue juga lagi missing Minangkabau so much, sekalian degh gue ceritain kayak apa sih kampuang nan jauah di mato itu.

Perbandingan aja nih ya. Kalo kamu pergi ke Bali, kamu cuma dapet liat sunset, pantai n bule2 yang sliweran ga pake BH. Kalo ke Anyer, sama ajah. Soal belanja belinji pun bisa jadi barang2nya monoton, itu2 ajah n kadang muahal muahal.
So, apa yang bisa kamu dapet kalo beli tiket menuju Bandara Internasional Minangkabau (BIM)?

Banyak!

First, belon nyampe bandara, mata kamu udah dikasih liat pemandangan pantai, lebih tepatnya seh, Samudra Hindia. Iya, Padang tuh teras belakangnya lautan bow! Ada sensasi tersendiri ga seh? Berasa lagi di Karibia gituh, qeqeqeq...

Truz lageh, secara BIM tuh letaknya strategis banged, kamu jadi bisa milih tempat2 yang ingin kamu kunjungi duluan. Kalo kamu pilih main ke kota Padang, di sana ada banyak variasi makanan enak (orang Padang gitu loh! Doyan makan!), sama pantai yang ada sunsetnya. Fyi, udah sejak lama pemko Padang merenovasi jalan sepanjang garis TapLau tercintah. Ohya, TapLau = TAPi LAUik in Minang language, or TEPI LAUT in Indonesian). Jadi ceritanya di sana tuh jalan rayanya bersebelahan langsung dengan pantai, kalo sore2 ke sana seger banged deh (bayangin kayak jalan di pantai Florida kale.. qiqiqi), trus di ujung jalan ada semacam taman gitu. Waktu gue masih di sana sih, gue belon pernah main di taman tsb coz masih lagi dibangun. Tapi yakin deh, sekarang pasti bagus banget.

Kalo ke Padang jangan lupa ngajak gue, ntar gue kasih tau lokasi2 makanan enak murah meriah asyik nikmat cegluk cegluk bercokol. Hehehe. *Eh, kayaknya sekarang di sana lagi musim duren deh.* Jadi inget, waktu emak babe gue dateng pas gue wisuda, selama seminggu tuh kedua belio kenyang gue serpis abis. Pagi makan lontong sayur Jati (sebelah DinKes, enak banged!), siang makan normal dari warung2 makan langganan gue (cobain smuanya!), trus sore ampe malem variatif banged. Pernah tuh kan gue pergi bertiga sama temen gue si Andri n Temock, pulangnya bawa 6 macem makanan, mulai dari sate dangung-dangung, pisang bakar ampe ayam rica2-nya Sedona. Wakaka...pokonya belio2 musti cobain semua yang dimakan anaknya selama 5 taun idup di sonoh. Hihihi.
Sekarang bisa ngerti kan knapah gue –biarpun cewek Minang tulen- KAGA BISA MASAK????
Tinggal makan doang, jago-lah!
*hehehh, sekarang donk udah bisa masak, tapi malez mah teteppp!!*

Ohya, kalo lagi rajin, di Padang jangan lupa ngunjungin kampus Universitas Andalas aka UNAND. Letaknya di ujung duniaaaaaa. Rada sepi seh, apalagi kalo di atas jam lima sore sendirian, wew udah goosebump kalee! Tapi kalo dipikir2 tenpatnya bagus loh, boljug dijadiin objek wisata. Di sekomplekan mantan kampus gue tuh ada ”fitness center” gratisan. That’s the reason why semua mahasiswa Unand sehat wal afiat, soalnya tiap hari musti naek turun minimal 100 anak tangga, mendaki bukit, n kemudian menuruninya saat pulang. Bener2 kampus yang mencerminkan hidup sehat. Yeah, soalnya kampus gue tuh di atas bukit Barisan (ini kampus tertinggi di Asia Tenggara loh), hawanya sejuk banget dan pemandangannya (liat dari helipad di Rektorat) soooo beautiful! Danau UI yang dekil n banyak copet kalah dah!!! Hihihi. *anak UI jangan marah yah. Di Padang juga ada copet kok. Wakaka! Gue pernah dua kali kecopetan, di daerah kampus lagi! Siyal!!!*

Go to the other place, ke mana yah? Banyak pilihan seh.
Oh iya, kalo dari Padang kamu nerusin ke Solok, bisa tuh mampir buat beli beras. Hihihi. Beras Solok tandingannya beras Cianjur loh (Di Sumbar alhamdulillah citizennya makan beras lokal semua, kaga perlu ngimpor dari Vietnam). Trus kalo ke sonoan lagi bisa liat2 kerajinan tangan di Silungkang (baguz2!), jalan lagi ke sonoan, terusssss udah bisa deh pulang ke Jakarta. Hehehe…

Berlawanan arah dari di atas, kalo ke Paris (alias Pariaman dan sekitarnyah), bakal nemu pantai lageh. *kebetulan rumah pusako emak gue deket pantai, cihuy!!!* Di bawahnya ada Mentawai. Di kalangan turis bule, Mentawai Island udah terkenal sebagai tempat surfing yang ga kalah cihui ama Samoa. Sayang, karena ombaknya yang gede itu, akses ke sana ga bisa tiap ari. Jadi musti nginep. *jangan lupa minum obat nyamuk, eh salah, obat anti malaria. Obat buat nyamuk juga seh.*

Duh, duh. Jalan lagi yuk! Ke Bukittingi! Tau dong sama Jam Gadang? Itu maskotnya kota yang letaknya emang di atas bukit yang tinggi sekale itu. Big Ben gitu-lah. Hehe. Nah, kalo udah di kota ini, siap-siap pisahin duit buat ongkos pulang, takutnya kalo udah belanja suka ga berasa. Bukittingi punya banyak pasar (namun berdekatan), yang masing-masing isi jualannya beda2. Ada baju, songket, kain, mukena, sampe batik n ball gown (eh, ada ga ya? :p) . Trus buat yang doyan makan, borong deh yang namanya sanjai, kerupuk jangek (kulit), sale pisang (paling enak tuh yang made in Batusangkar. Wa, Batusangkar ni di mana lage tuh? Hehehe), sampe ke descender kuning (gue lupa namanya apaan, yang jlas bentuknya angka 8. Di kalangan gue, nyebutnya descender, ato figure of eight -> alat buat manjat tebing). Hmm. Pokonya banyak banget, surganya makan enak! Om SBY aja betah di Bukittinggi, pake mampir lama di Sate Mak Syukur pula (di Padangpanjang, a destinastion before go to Bukittinggi). *cegluk*

Duh, udah panjang aja cerita gue yak??? Padahal gue belon nyeritain apa2 aja yang ada di town lainnya. Apalagi soal Harau Valley, Green Canyon-nya Indonesia. Duhhh! Bagussss, banged! Gue sering ngebayangin Harau tuh napa ga dijadiin kek Genting Highlands gitu kek, soalnya panoramanya masih alami banged! Ada banyak tebing (buat dipanjat), sungai, bumi perkemahan, villages, waterfalls… Mmmh...
Banyak orang rela jauh2 ke pelosok Zambesi (cmiiw) cuma buat ngeliat air terjun Victoria (cmiiw, bener ga Victoria, waterfall yang luas ituh?), kenapa ga mending duit mereka dibelanjain buat cuci mata di Harau, yang notabene punya hampir segalanya (kecuali pantai)?

Well. Time to lunch.
Kayaknya bersambung aja deh yah. Tapi kayaknya samabungannyya agak lamaan, soalnya gue musti ke Bandung hari Rebo. Moga2 masih belom ilang kangennya ama Padang, jadi masih mood buat nerusin. Hehehe...


See ya!
Buat kanda max, cmiiw about the story above yah. U know more-lah. Hehehe... Btw, cocok ga gue jadi Duta Pariwisata Minangkabau. Kekekkekk....

Comments

Popular posts from this blog

My Friends, My Dreams. Novel dan TV Series. (Review, bagian satu)

Udah lama banget gue pengen nge-review Serial TV berjudul My Friends, My Dreams ini. Novelnya juga sih. Tapi gak sempet-sempet. Oke, mungkin tulisan ini bukan jenis review, ya seenggaknya, serupa review. :p Novel My Friends, My Dreams. Karya : Ken Terate adalah novel –para pemenang sayembara TeenLit Writer- yang pertama gue beli. Gue suka banget novel ini, karena SANGAT BERBEDA dengan novel TeenLit lainnya. Thumb up buat kejelian penulisnya. As we all know, novel bergenre remaja, tentu aja, mengetengahkan kehidupan remaja (hehe, infonya gak penting banget!). Banjirnya sinetron remaja yang sangat gak mutu seperti sekarang, membuat kehidupan remaja sekarang kayaknya cuma berkisar pada kejadian konflik dengan teman, rebutan pacar, cinta gelo, sampe remaja pelaku krimimil. Hellloooooow! Zaman gue sekolah dulu, emang sih rame ikut tawuran, atau digencet kakak kelas, tapi kayakna gak semonoton gitu deh. Masa remaja adalah masa yang paling indah, dan kehidupan sekolah itu menyenangkan. Setuj

My Friends, My Dreams. Novel dan TV Series. (Review, bagian dua)

Sampe suatu ketika, gue kebetulan lagi nonton Kiamat Sudah Dekat (KSD). Pas lagi iklan, ganti chanel, ternyata Serial TV itu muncul di TV7. Sejak itu, gue gak pernah absen nonton (ganti-gantian sama KSD). Gue sampe bela-belain pulang cepet buat bisa nongkrongin TV, apalagi sekarang jam tayangnya dimajuin jadi jam 20. Untung aja tayangnya hari Jumat. Pas mo wiken banget tuh! Gak nyangka, Serial TV-nya (plis deh, ini bukan “sinetron”. Oke?) malah lebih bagus dari yang waktu gue bayangin visual isi novelnya. Aktingnya alami banget. Tiap kejadian selalu bisa membuat gue ikut senyum, hanyut dalam emosi yang wajar, dan yang paling gue suka : ada nilai positifnya, dan itu sangat dominan. Two Thumbs Up!!!! Yang paling gue suka (lagi) adalah bagian di mana Mading Sekolah dikembangkan menjadi TV Sekolah! Semoga aja ini bisa jadi inspirasi buat para remaja yang senang beraktivitas dan ingin memajukan sekolahnya. Gue liat tiap episode, iklannya semakin bertambah dan bahkan jam tayangnya dimajuin

Fear Factor versi Indonesia (#1- Tantangan yang gak kacangan)

Nonton Fear Factor Versi Indonesia kemarin, ada dua hal yang ingin gua komentari, dan itu akan gua bagi dalam 2 tulisan. Yang pertama, bahwa reality show tentang memerangi rasa takut ini memang sangat menarik -kalo gak bisa dibilang keyen- Di luar kenyataan bahwa sampe sekarang persertanya masih didominasi orang-orang yang katanya-lumayan-beken-dan-tampang-kayak-maksa -musti-cakep itu (biasa deh, stereotip dunia hiburan, orang Indonesia kayak malu ama tampang asli bangsa sendiri), tantangan yang harus dihadapi peserta memang cukup berhasil "mbikin-takut-n-jijik". Sesuai temanya, yaitu faktor yang menakutkan, tantangan tersebut gak semata berupa tantangan fisik yang memerlukan otot kawat-tulang besi. Hal ini yang paling menarik, mengingat gak semua orang sekuat Gatotkaca, tapi belum tentu seorang Superman berani tidur dalam kotak kecil bareng sekumpulan tarantula berbisa. Ohya, ada dua hal yang paling gua suka dalam menghadapi tantangan : yang menguji nyali, dan mengadu kecer