Skip to main content

Piala Dunia ; The Effect to My Writing and 'Rambut Kriting'

Busyet! Ga bisa cari judul yang lebih aneh lagi apa, Han?

Gue ga bisa meralat komentar mas-yang-baik-tapi-ngakunya-sontoloyo-ini, bahwa gue kena euforia Piala Dunia 2006. Abisnya emang bisa dibilang iya, tapi sebenernya ngga juga kok.
Piala Dunia pertama yang gue tonton itu taun 1994, di... di mana yak? Nah, itu gue lupa. :p
Yang jelas, saat itu stasiun tipi swasta baru RCTI, dan iklannya gencar banget euy lhoo buat nyiarin Piala Dunia. Gue, waktu itu masih SMP dan secara sifat tomboy-nya masih nyisa, gue selalu bela-belain begadang buat mantengin Piala Dunia.

Piala Dunia berikutnya, 1998 dan 2002, gue lagi (siap-siap dan) kuliah di Padang, dan secara anak kos yang kere dan kesiaaan deh loe, kaga punya tipi, gue melewatkan banyak partai pada kedua event tersebut.
Huhuhuhhu... Gue ga liat waktu Brasil jadi Juara Dunia untuk kelima kalinya.... :(

Nonton Piala Dunia selalu ngingetin gue sama masa kecil gue yang cowok abis. Gimana nggak, gue mainnya kan selalu sama Uda-uda gue melulu (3 orang), atau temen-temennya para Uda.
Berandal semuah! Hehehe...
Berkaitan dengan main bola, eh, gini-gini gue pernah jadi striker loh! Hihihi...
Waktu masih tinggal di Kediri (Jawa Timur) alhamdulillah bokap dapet rumah dinas yang halamannya segede lapangan bola (hiperbola dikit-lahh). Gue ga gitu inget, karena masih kelas 4 SD, mungkin waktu itu lagi ada Piala Dunia juga? Karena si Ay, Uda gue nomer tiga yang waktu itu SMA-nya di Semarang, liburan ke Kediri (pusing ga sih baca urutannya?) dan ngajakin gue dan Ajob (Uda ke-4) main bola di halaman belakang. Seru banget! Kita bertiga main sampe tengah malem dan baru berhenti setelah diomelin nyokap.
Cuma bertiga, karena kita baru mulai main kan jam delapan malem, jamnya anak2 tetangga disuruh bobo; diomelin nyokap, soalnya kita berisik banget, dan sampe dua puluh kali neleponin anak sebelah supaya lemparin balik bola kita yang melayang ngelewatin tembok tinggi dan masuk ke rumah dia.
Hihihihiii...
Dasar The Brandals. =

Piala Dunia yang sekarang, istimewa banget, karena setelah hampir sepuluh taun nggak pernah larut ke yang namanya nonton bola, apalagi main, mendadak kembali (ikutan) heboh dengan euforia di Jerman.
Piala Dunia emang hebat!
Miliaran pasang mata tertuju sama si Teamgeist, jutaan umat bersatu dalam perbedaan yang indah, dan sejauh ini, siapa yang menjadi Juara Dunia sepakbola selalu penuh kejutan. Pokoknya HEBAT!!!!
Sejauh ini, gue nontonin hampir semua partai, terutama kalo yang main Jerman, Brasil, Argentina, dan Portugal. *Gila! KALAH SEMUAAAAAAAAHHHH!!!! Kang Zidane ebat euy!*

Eh, btw, sebenernya Zinedine itu bacanya 'Zaynedin'-kah? dan bukannya 'Zynedin'???
Karena gue udah rada lupa pelafalan bahasa Prancis (itu juga kalo emang dari bahasa Prancis, keknya ngga.) Kalo bener Zaynedin, hehehe... sami-lah ama orang sene mas, namanya Zainudin. Hehehe... *yailah! inti pembicaraannya apaan neh...???!* :-O

Eh, konsiten ke judul post ah.
Piala Dunia ; The Effect to :
#1- My Writing
Lagi seneng niy... Hurray! :-
Kalo pada awal putaran Piala Dunia, gue begadang ampir tiap ari, dan paginya tepar minus produktif, sebaliknya pas menjelang final besok. Gue ketinggalan SEMUA pertandingan semifinal, euy! Gue cuma bisa bengong waktu paginya semua cerita soal briliannya strategi Lippi, dan bahwa Akang Zidane ternyata masih berjaya! Huhh... Soalnya semua partai itu tandingnya jam dua pagi. Gak kuku dah melek!

Segi positifnya, ritme tidur gue kembali terkontrol dan gue bisa bangun pagi dengan lebih seger. Hasilnya, otak gue jadi bisa digunain lagi untuk ngelakuin hal-hal yang lebih bermutu, yang udah gue tunda, dalam hitungan akumulatif, selama hampir 4 tahun.
Menulis (novel).
Hehe... Dasar masih amatiran. Sejauh ini keknya gue cuma omdo deh bahwa gue pengen bikin novel. Nulis aja jarang, gimana mo tamat?
Apalagi setelah gue mentok berat dengan storyboard A. Capek ah! Cerita A itu udah kelar lebih dari separo, tapi saat mo finish, ternyata banyak hal yang bikin gue ngga sreg buat nerusin. Pengennya sih, gue ngubah total cara berceritanya, tapi gue ga sanggup deh. Secara harusnya udah mo tamat gitu loh! Jadi gue putusin pending lagi naskah A, dan alhamdulillah, sekarang gue lagi ngerjain cerita B. Jalan cerita B ini beda banget dengan A, karena emang visinya juga beda, selain karena gue kapok dengan gaya bercerita seperti A. Hihihihi...
Pusinggg, bro! Gue ngiri banget sama mba
Dewie Sekar, penulis yang... Uh! Gape banget sih bercerita dari sudut pandang para tokoh!!!!???!!! Seri Zona udah dua buku loh, semuanya RATUSAN halaman lagi. *GUBRAK deh ngingetnya* Balik ke inti cerita. :-B

Gue tuh paling seneng sama hal-hal yang bisa memotivasi diri, secara gue aslinya p-e-m-a-l-a-s. Wekeekee... Lebih tepatnya sih tukang-nunda-kerjaan-karena-lebih-seneng-numpukin-dan-baru-ngerjain-kalo-udah-deket-target-waktu. Kan biar capeknya sekalian.
Nah, di ajang Piala Dunia ini, tau sendiri kan banyak pemain yang disebut-sebut sebagai 'muda' dan 'punya banyak kesempatan meraih peluang'? Gue ngga tau cara ngejelasin maksud gue secara lebih detil, yang jelas setiap kali baca ulasan tentang C. Ronaldo (aduh Ron... ai loph yuuuh!!!), Lionel Messi, dan Deco, gue selalu merasa mendapat inspirasi, gue (harus) bisa seperti mereka!

Oh! Bukan!
Bukan (harus) jadi pemain sepakbola, tentunya. =

Hehe... Tau ga, di paragraf ini gue bolak balik bikin kalimat baru, dan langsung mendelete lagi. sakingan binun sendiri gimana menjelaskan inspirasi seperti apa yang gue peroleh itu. Pokoknya, pada intinya, gue benar-benar ngga ingin lagi menunda impian gue.
Mereka bertiga di atas udah kepingin jadi pemain sepakbola sejak masih kecil.
Maria Sharapova pindah ke Amerika sejak umur enam tahun demi bisa berkarier di tenis, dan Irene Kharisma malah masih cabe rawit, tapi udah Master Internasional!

Intinya, mereka punya keinginan besar (kalo ga bisa dibilang obsesi), dan mereka bekerja keras untuk bisa mewujudkan. Tidak menunda-nunda (kayak yang selama ini gue lakuin) hingga tau-tau mungkin udah kawin, beranak, ubanan, dan pada akhirnya nggak pernah ngelakuin apapun untuk mewujudkan keinginan itu. (:

So, beberapa hari ini gue udah mulai lagi ngelanjutin bab 3 cerita B, yang udah gue musiumin dalem lemari hampir 4 bulan.

Dulu gue punya target, bulan Juli, cerita B harus udah berwujud novel dan terbit. Menjelang Juli, target gue turun ke mudah-mudahan bisa kelar maksimal tanggal 30 ini. Shhhh...

Saat ini, selain kayaknya target terkahir itu ga bakal terpenuhi, gue tersadar kenapa cerita itu ga selesai-selelsai. Gue ini kan tukang-nunda-kerjaan-karena-lebih-senang-numpukin-dan-baru-ngerjain-kalo-udah-deket-target-waktu!!!
Halah! 3:-O
Jadi, sekarang gue ga mau pasang target apa-apa. Gue langsung mutusin menjadikan nulis sebagai rutinitas, di luar kerjaan utama. Oh, dengan begitu ternyata sekarang perkembangannya sudah jauh lebih baik.
*tetep semangatttt*

Tapi ada yang harus dikorbankan. Gue jadi jarang blogwalking (bahkan browsing), dan kalo ada yang merhatiin, postingan gue sekarang panjangnya kayak gerbong kereta api senja.
Hihihi...
Soalnya ceritanya borongan sih! Biar ga perlu tiap ari ngisinya. Daripada hiatus?
I am still a blogger. I love blogging and was addicted.
Sekarang udah ngga addict lagi. Hurrayy!!! :D/

*maaf yah temans, mana akika juga jarang ninggalin jejak pula, kalo mampir.*

Piala Dunia ; The Effect to :
#2- Rambut K'riting
*Apaan lagi maksudnya nih???*

Peringatan sebelum membaca bagian ini :
Ini topik yang rada-rada narsis. Jadi kalo ada yang mo muntah, buru-buru aja cabut ke WC, hehehe...
Maaf yah, gue ga bermaksud membuat orang ilfil dengan tulisan ini, hehe...
Sebetulnya intinya bukan bermaksud narsis kok. Yah, minimal, tulisan di bawah ini adalah bentuk obrolan diri gue dengan 'diri gue yang lain'.

Rambut gue tuh aslinya KERITING!!!

Yap! Liat pictures di blog ini? Semuanya menipu! Hahahaha!!!!

Waktu kecil, seperti gue bilang, gue tomboy abis, sampe-sampe kalo ke sekolah suka lupa nyisiran atau bedakan. Namanya juga masih kecil kali ya, gue nggak peduli penampilan gue kayak apa, hingga masuk SMP.
*sigh*
Pas gue udah nyisir abis ajah, temen-temen gue masih banyak yang suka 'menyisirkan' pulpen, gulungan kertas, hingga tangan (sok ngebelai mesra), dan teriak "Eeee...h, NYANGKUT!" ketika pulpen, gulungan kertas, dan tangan mereka NYANGKUT di rambut kriting gue.
Emang sih, sebenernya mereka cuma bercanda, lagian, di sekolah gue tuh (heran deh!) HAMPIR GA ADA YANG RAMBUTNYA KERITING. Lebih tepat, hampir ga ada, yang keritingnya kayak gue. Sekalinya ada, paling cuma berombak, atau malah keriting Afro sekalian. Hehehe...

Namanya juga masih masa puber, gue tuh malu dong di- "Ee....h NYANGKUT!" terus sama anak-anak. Jadi, pilihan yang gue ambil waktu sekolah tuh :
1. Selalu memotong rambut gue maksimal sepuluh senti aja di bawah bahu.
2. Ngiket rambut.
3. Pake jepitan.
4. Nyisir tiap 3 jam sekali. Biar selalu keliatan lebih lurus.

Payah deh. Emang seh, gue ga sampe jadi minder karena punya rambut keriting, dan kemudian merasa jadi cewek aneh karena lainnya lurus semua. Nggak setragis itu kok. Ohya, jadi keingetan sama Maggie-nya Rosemary Kesauly. Ya, kasus gue nggak separah Maggie gitu sih. Btw, Rosemary ternyata keriting juga loh, dan cantik! Sumpah! :x

4 pilihan di atas cukup menolong (perasaan). Kecuali pas Bad Hair Day (uh! Kenapa sih wanita selalu mengalaminya?!), gue selalu bisa nyembunyiin betapa keritingnya rambut gue. Terutama kalo mo dipotoh Gue selalu buru-buru ngerapiin iketan rambut, dan cuma ke studio foto kalo abis dari salon, karena kalo gue nyalon, gue selalu minta rambut gue di-blow lurus. Hasilnya kayak pictures di blog ini. NIPU BANGET! Hihihi...

Gue beberapa kali berdebat sama nyokap, soal keinginan gue me-rebonding rambut gue biar terlihat lurus. Gue perlu banget rambut lurus (baca: rapi), salah satu alasannya ya untuk nunjang penampilan saat kerja :p Nyokap selalu marah kalo gue mulai dengan topik ini. Dan secara gue sebenernya juga sayang sama rambut keriting ini (dan sayang sama nyokap, hihihi), ke-jelas-nggak-bakal-setuju-an nyokap bikin gue nggak pernah mantep melangkah ke salon buat minta di-smoothing (temennya rebonding). Akhirnya gue kembali sering ngiket rambut, atau nyanggul jamu-in. Emang udah lebih rapian sih.

Hey! Sampe sejauh ini ceritanya, apa dong hubungannya sama Piala Dunia?

:-B Pernah meratiin nggak, berapa banyak soccer player berambut keriting di Piala Dunia?
Mungkin yang terbanyak adalah pemain Argentina. Ohya, dan Jerman.

Waktu mantengin Argentina melawan Jerman, gue demen banget tuh. Selain karena Argentina mainnya bagus banget (harusnya mereka yang menang!) gue juga suka ngeliatin fisik para pemainnya (dasar cewek!). Rambutnya Juan Pablo Sorin cs, keriting-gondrong-ngga-diiket. Ohya, C. Ronaldo apalagi (jelas rambut dia tuh ngga lurus!). Keren, gila'!
Padahal bagi gue, pantangan banget tuh rambut keriting dibiarin megar pas keringetan! Bisa dikira Lion King! Tapi ternyata hingga akhir pertandingan, penampilan fisik mereka sama kerennya dengan waktu baru main. Setimpal dengan prestasi mereka.
Dan, entah kapan nyadarnya, gue baru NGEH bahwa RAMBUT KERITING ITU emang pasti ’terlihat’ BERANTAKAN!
Tapi berantakan ITU, yang bikin keren!

Semakin keriting, semakin berantakan, semakin keren!
Huahahaha... *maksa banget ya. Tapi emang bener kok, asal bentuknya "pas" aja.*

Gue nggak anti cowok berambut lurus, tapi gimana yah... Kalo udah lurus, gondrong pula, hadoh! Contohnya sih kek artis-artis Taiwan itu loh. Nurut gue sih, cowok yang rambutnya lurus abis dan gondrong, kurang macho.
Beda kalo cowok itu rambutnya keriting, berombak, cepak, atau botak sekalian.

Ha! Aneh deh, kenapa gue ngeliatnya malah dari sisi penampilan kaum cowok ya?
Padahal artis-artis telenovela rambutnya kriwul semua dan tetep keren. Padahal gue paling GAK KU...KU kalo liat anak kecil rambutnya keriting (sumpah! pasti cantik/keren banget tu anak!). Liat aja
Zebby-nya mba Gege. Padahal 1 cewen temen kuliah gue, dan Uni gue sendiri rambutnya keriting sama kek gue, dan mereka cantik banget dengan keriting lepasnya. Ya ampyuuunnn!

Padahal gue selalu berusaha memotivasi orang yang dilanda krisis pede, selalu mencoba berpikir positif, seneng kalo bisa tampil beda ; Oh, ternyata gue sendiri perlu waktu lima belas tahun untuk menyadari kalo gue harusnya PD, bahkan bangga punya rambut keriting!

Stupid! Hahaha!!!! =

Gue selalu ketawa kecut kalo ada yang komentar (muji?) tentang kriwilnya rambut gue. Paling banyak bilang "Lucu" dan mereka ngomong begitu sambil senyum-senyum gemes *Hihihi... Mulai GR deh! :p PLAKKS!!*. Gue nggak pernah kemakan sama 'pujian' mereka (hihihi, kadang nurut gue sih celaan!), dan selalu menolak permintaan (biarpun dari cowo gue :p) untuk melepas iketan rambut, apalagi kalo gue merasa lagi Bad Hair Day (dan itu, sialnya, hampir tiap hari!).

Itu, duluuuu. =

Hahaha... ceritanya apaan sih ni? Kek iklan banget. =

Sekali lagi, maafin gue kalo tulisan ini keliatan narsis banget.

Suer, gue cuma lagi memotivasi dan menertawakan diri sendiri, yang selama belasan tahun nggak mampu bersyukur dilahirkan dengan rambut unik. Berbeda dari kebanyakan. Seperti kata nyokap, orang bisa dan banyak yang punya rambut lurus, dan gue, keritingnya udah alami, nggak perlu ngeluarin jutaan buat bikin melingker kayak KD pada salah satu konsernya. *Thank’s Mom!*

Udah ah! :))

Kalo kepanjangan ceritanya bisa jadi senyum-senyum najong, gede kepala, atau malah bersedih karena gue udah melewatkan belasan tahun tanpa cukup bersyukur, dan alih-alih malah merutuki nasib. Atau jadi malu, <):) karena sampe sekarang gue belum sanggup make jilbab. :

Ohya, sekalian gue mau berterimakasih sama orang-orang yang pernah ngomentarin "Lucu"nya rambut kriwul gue. Cukup banyak. Termasuk kalangan blogger (hehe, makasih ya komentarnya, dan sori, bagi yang udah gue tipu dengan pictures gue). Makasih semuanya, everyone, di real dan di maya, akhirnya gue bisa melihat komentar itu dengan lebih bijak (mudah-mudahan), dan maafin gue pernah menganggap (dalam hati sih) komentar itu sebagai canda yang sama seperti waktu gue masih SMP. Haduhhh... Ternyata masa lalu yang konyol bisa bikin orang jadi tolol ya... =

Ayooo.... katanya selalu berusaha berpikir positif? Let's think postive for all, Hannie.

Ohya, buat para gadis (atau wanita) berambut keriting,*) :x
"Jangan hamburkan uang kamu buat beli kosmetika pelurus rambut, apalagi sampe ngelurusin beneran tu rambut. Pecayalah, semua perempuan dilahirkan dengan aura cantik. Segala sesuatu dari tubuh kita adalah anugerah, yang harus dipelihara dengan cara yang baik, untuk kemudian disyukuri."

*)sekedar berbagi. Tanpa bermaksud menggurui. :)

Comments

Popular posts from this blog

My Friends, My Dreams. Novel dan TV Series. (Review, bagian satu)

Udah lama banget gue pengen nge-review Serial TV berjudul My Friends, My Dreams ini. Novelnya juga sih. Tapi gak sempet-sempet. Oke, mungkin tulisan ini bukan jenis review, ya seenggaknya, serupa review. :p Novel My Friends, My Dreams. Karya : Ken Terate adalah novel –para pemenang sayembara TeenLit Writer- yang pertama gue beli. Gue suka banget novel ini, karena SANGAT BERBEDA dengan novel TeenLit lainnya. Thumb up buat kejelian penulisnya. As we all know, novel bergenre remaja, tentu aja, mengetengahkan kehidupan remaja (hehe, infonya gak penting banget!). Banjirnya sinetron remaja yang sangat gak mutu seperti sekarang, membuat kehidupan remaja sekarang kayaknya cuma berkisar pada kejadian konflik dengan teman, rebutan pacar, cinta gelo, sampe remaja pelaku krimimil. Hellloooooow! Zaman gue sekolah dulu, emang sih rame ikut tawuran, atau digencet kakak kelas, tapi kayakna gak semonoton gitu deh. Masa remaja adalah masa yang paling indah, dan kehidupan sekolah itu menyenangkan. Setuj

My Friends, My Dreams. Novel dan TV Series. (Review, bagian dua)

Sampe suatu ketika, gue kebetulan lagi nonton Kiamat Sudah Dekat (KSD). Pas lagi iklan, ganti chanel, ternyata Serial TV itu muncul di TV7. Sejak itu, gue gak pernah absen nonton (ganti-gantian sama KSD). Gue sampe bela-belain pulang cepet buat bisa nongkrongin TV, apalagi sekarang jam tayangnya dimajuin jadi jam 20. Untung aja tayangnya hari Jumat. Pas mo wiken banget tuh! Gak nyangka, Serial TV-nya (plis deh, ini bukan “sinetron”. Oke?) malah lebih bagus dari yang waktu gue bayangin visual isi novelnya. Aktingnya alami banget. Tiap kejadian selalu bisa membuat gue ikut senyum, hanyut dalam emosi yang wajar, dan yang paling gue suka : ada nilai positifnya, dan itu sangat dominan. Two Thumbs Up!!!! Yang paling gue suka (lagi) adalah bagian di mana Mading Sekolah dikembangkan menjadi TV Sekolah! Semoga aja ini bisa jadi inspirasi buat para remaja yang senang beraktivitas dan ingin memajukan sekolahnya. Gue liat tiap episode, iklannya semakin bertambah dan bahkan jam tayangnya dimajuin

Fear Factor versi Indonesia (#1- Tantangan yang gak kacangan)

Nonton Fear Factor Versi Indonesia kemarin, ada dua hal yang ingin gua komentari, dan itu akan gua bagi dalam 2 tulisan. Yang pertama, bahwa reality show tentang memerangi rasa takut ini memang sangat menarik -kalo gak bisa dibilang keyen- Di luar kenyataan bahwa sampe sekarang persertanya masih didominasi orang-orang yang katanya-lumayan-beken-dan-tampang-kayak-maksa -musti-cakep itu (biasa deh, stereotip dunia hiburan, orang Indonesia kayak malu ama tampang asli bangsa sendiri), tantangan yang harus dihadapi peserta memang cukup berhasil "mbikin-takut-n-jijik". Sesuai temanya, yaitu faktor yang menakutkan, tantangan tersebut gak semata berupa tantangan fisik yang memerlukan otot kawat-tulang besi. Hal ini yang paling menarik, mengingat gak semua orang sekuat Gatotkaca, tapi belum tentu seorang Superman berani tidur dalam kotak kecil bareng sekumpulan tarantula berbisa. Ohya, ada dua hal yang paling gua suka dalam menghadapi tantangan : yang menguji nyali, dan mengadu kecer