Skip to main content

Psikopat

Lagi enak-enak kerja (baca: browsing internet!) orang sebelah gue nyodorin koran hari ini. Gak ada kerjaan banget, mending yang disodorin The New York Times gitu ya, lha ini Kompassss! Gue juga punya di rumah!!!!!

Si orang rese, dengan gaya cool nyuruh gue baca salah satu artikel di situ, tentang Psikopat dalam masyarakat. Btw, keknya minggu lalu ni koran udah ngebahas soal ginian, kok diturunin lagi ye? Hm Tapi setelah gue baca, emang jabaran topik ini udah lebih luas lagi.

Siorangreseyangsokcool : "Eh, baca nih! Soal lo lagi dibahas!"
Gue : *ngelirik jengkel, ngeh, tadi pagi udah sempet baca topik itu* "Alah, emang susah deh jadi seleb. Gue masuk rubrik MUDA dan KEREN lagi ya?"
Siorangreseyangsokcool : "Gak! Jauh lebih baik! Ini tentang orang yang mungkin keliatan Muda dan Keren, padahal aslinya PSIKOPAT!"
Gue : *mendelik bosen, ngusir-ngusir doi*
Siorangreseyangsokcool : *sambil baca* "Hwahaha.. Salah satu narasumber psikiaternya Oom lo tuh! Jangan-jangan belio lagi ndeskripsiin keponakannya sendiri?! Ekekekeee..." *ngelirik gue*
Gue : "Aaaaaarrrrggggh!"

Huh! Sebel! Masa gue dibilang Psikopat?????
Lha, orang baik hati gini, murah senyum, ramah dan gemar menabung! Eh, yang terakhir itu maksudnya nabung di perut ya! Hehe!

Tapi mungkin juga sih gue psikopat. Soalnya beberapa temen gue pernah bilang gitu. Cerita bermula dari ini.

Ada temen gue yang patah hati dan dia nangis-nangis curhat sama gue. Nah, gue sebage temen yang baek ya musti mendengarkan dan menenangkan dong!

Ohya, gue beritahu nih, cara jadi pendengar yang bijak waktu dicurhatin orang stress :


1. Dengarkan omongan dia, walopun gak jelas mana awal dan mana akhirnya, mana benang merahnya, mana titik temunya, gak usah ditanya dulu (apalagi kalo dia masih histeris). Inget, dia bukan lagi cerita! Pura-pura ngerti aja!

2. Kalo udah kelamaan curhatnya en ngelantur, dan lo jadi merasa gak nyaman dengernya atau gimana, coba alihin atau balikin ke fokus utama curhat semula, ketika dia musti berenti sejenak buat ngambil napas.

3. Bilang aja "iya", ato "bener tuh", ato "he eh", kalo dia tanya pendapat lo soal betapa resenya orang yang lagi dia sebelin, biarpun mungkin lo gak setuju, atau malah lo gak kenal sama sekali sama orang itu. Daripada dia makin histeris???

4. Ikutan aja "maki-maki" orang yang dia sebelin. Gak perlu parah banget kok. Sebenernya maksud gue, berikan makian bernada yang mengandung penghiburan kayak, "Iya, nyebelin ya dia, padahal orangnya item, bunder, kriwul, ehh idup lagi!!" dengan tujuan supaya temen lo bisa senyum dikit dalam penderitaannya.

5. Kalo dia udah mulai tersenyum, dan karena senyum itu menyenangkan dan bisa menenangkan, baru lo pelan-pelan tanya (hal-hal yang lo anggap perlu ditanyakan aja). Tapi sebaiknya gak usah nanya macem-macem, lo toh gak ingin ikut campur dapur orang kan? Lagian, untuk menjawab pertanyaan itu kadang malah bikin dia jadi sedih dan bisa-bisa histeris lagi.

6. Jadi mending lo terus hibur aja dia dengan candaan, kata-kata dukungan, dan perlakuan simpatik. Percaya deh, ini yang lebih dia butuhin daripada sebuah investigasi.

7. Gak perlu berlama-lama membiarkan orang larut dalam kesedihan. Emang sih, suatu waktu orang perlu melepaskan perasaannya. Biarkan temen lo menangis, karena menangis bisa membuat hati lebih ringan. Eh, BAHAYA loh, kalo ada orang yang selalu nahan perasaannya di hati sendiri. Bener deh!

8. Jadi, kalo dirasa emosi temen kita udah mulai normal lagi, dalam artian udah bisa diajak main bola lagi gitu, JANGAN sekali-kali dalam waktu itu lo bertanya atau mengungkit-ungkit soal orang yang dia sebelin. Berabe, lo bisa buang-buang waktu tiga kali lipat daripada tadi, cuma buat dengerin kisah yang sama!

Nah, karena biasanya, langkah-langkah di atas-lah yang gue lakuin kalo ada orang yang curhat sama gue (btw, kenapa sih curhatnya sama gue mulu! Huhuhuhu..), beberapa orang menggelari gue sebagai Psikiater.
Entah kenapa kok Psikiater, bukan Pskolog, gitu.

Kata sepupu gue sih, psikiater itu mengenai kejiwaan, dan psikolog lebih ke karakter. Yah, semacam itulah. Mungkin gue salah inget atau sepupu gue yang sok tau, yang jelas gue emang tertarik sama masalah karakter dan kejiwaan. Waktu lulus SMA dulu, pilihan UMPTN gue : Kedokteran, Hukum, dan Psikologi.

Kata Uda gue, dan temen-temen gue lagi, gue suka banget meratiin orang! Mungkin itu sifat care, entah deh, tapi gue gak sekedar "perhatian" gitu. Gue perhatian juga pada hal-hal yang gue anggep "menarik" dari seseorang.
Tingkah lakunya-lah. Menganalisa karakter orang dari wajah, sifat, atau pun perbuatan-lah. Mempelajari sisi positif dan negatif seseorang-lah. Termasuk suka mencari tau bagaimana orang itu bisa punya kualitas dalam bertindak (biar gue juga bisa!). Hehehehhh!

Balik ke soal curhat mencurhat, temen gue yang abis curhat ke gue dan kali dia merasa puas (Ampun deh, emang gue pusat layanan curhat bebas pulsa gitu!), merekomendasiin gue ke temen-temen lain buat tempat curhat yang katanya sip. Mungkin, karena ngerasa lucu, ato gimana denger begitu, seorang temen gue yang lain itu bilang,
"Lah! Lo kata Hannie psikiater? Dia mah Psikopat, tau!"

Gyahahahaaa........

Setelah gue pikir lagi, temen gue yang terakhir itu bener juga kali. Soalnya gue juga butuh psikiater, buat nanganin masalah kejiwaan gue! xixixixi...
Ohhh pedihnya kalo sakit jiwaaaaaaa....
Uhm! Inti ceritanya apaan sih? Kok jadi ngalor ngidul bergini ya?

Comments

dahlia said…
wakakakakak....
Anonymous said…
wewewe
tulisannya bagus, blognya bagus, smily-nya jg bagus (muji mulu)

Popular posts from this blog

My Friends, My Dreams. Novel dan TV Series. (Review, bagian satu)

Udah lama banget gue pengen nge-review Serial TV berjudul My Friends, My Dreams ini. Novelnya juga sih. Tapi gak sempet-sempet. Oke, mungkin tulisan ini bukan jenis review, ya seenggaknya, serupa review. :p Novel My Friends, My Dreams. Karya : Ken Terate adalah novel –para pemenang sayembara TeenLit Writer- yang pertama gue beli. Gue suka banget novel ini, karena SANGAT BERBEDA dengan novel TeenLit lainnya. Thumb up buat kejelian penulisnya. As we all know, novel bergenre remaja, tentu aja, mengetengahkan kehidupan remaja (hehe, infonya gak penting banget!). Banjirnya sinetron remaja yang sangat gak mutu seperti sekarang, membuat kehidupan remaja sekarang kayaknya cuma berkisar pada kejadian konflik dengan teman, rebutan pacar, cinta gelo, sampe remaja pelaku krimimil. Hellloooooow! Zaman gue sekolah dulu, emang sih rame ikut tawuran, atau digencet kakak kelas, tapi kayakna gak semonoton gitu deh. Masa remaja adalah masa yang paling indah, dan kehidupan sekolah itu menyenangkan. Setuj

My Friends, My Dreams. Novel dan TV Series. (Review, bagian dua)

Sampe suatu ketika, gue kebetulan lagi nonton Kiamat Sudah Dekat (KSD). Pas lagi iklan, ganti chanel, ternyata Serial TV itu muncul di TV7. Sejak itu, gue gak pernah absen nonton (ganti-gantian sama KSD). Gue sampe bela-belain pulang cepet buat bisa nongkrongin TV, apalagi sekarang jam tayangnya dimajuin jadi jam 20. Untung aja tayangnya hari Jumat. Pas mo wiken banget tuh! Gak nyangka, Serial TV-nya (plis deh, ini bukan “sinetron”. Oke?) malah lebih bagus dari yang waktu gue bayangin visual isi novelnya. Aktingnya alami banget. Tiap kejadian selalu bisa membuat gue ikut senyum, hanyut dalam emosi yang wajar, dan yang paling gue suka : ada nilai positifnya, dan itu sangat dominan. Two Thumbs Up!!!! Yang paling gue suka (lagi) adalah bagian di mana Mading Sekolah dikembangkan menjadi TV Sekolah! Semoga aja ini bisa jadi inspirasi buat para remaja yang senang beraktivitas dan ingin memajukan sekolahnya. Gue liat tiap episode, iklannya semakin bertambah dan bahkan jam tayangnya dimajuin

Fear Factor versi Indonesia (#1- Tantangan yang gak kacangan)

Nonton Fear Factor Versi Indonesia kemarin, ada dua hal yang ingin gua komentari, dan itu akan gua bagi dalam 2 tulisan. Yang pertama, bahwa reality show tentang memerangi rasa takut ini memang sangat menarik -kalo gak bisa dibilang keyen- Di luar kenyataan bahwa sampe sekarang persertanya masih didominasi orang-orang yang katanya-lumayan-beken-dan-tampang-kayak-maksa -musti-cakep itu (biasa deh, stereotip dunia hiburan, orang Indonesia kayak malu ama tampang asli bangsa sendiri), tantangan yang harus dihadapi peserta memang cukup berhasil "mbikin-takut-n-jijik". Sesuai temanya, yaitu faktor yang menakutkan, tantangan tersebut gak semata berupa tantangan fisik yang memerlukan otot kawat-tulang besi. Hal ini yang paling menarik, mengingat gak semua orang sekuat Gatotkaca, tapi belum tentu seorang Superman berani tidur dalam kotak kecil bareng sekumpulan tarantula berbisa. Ohya, ada dua hal yang paling gua suka dalam menghadapi tantangan : yang menguji nyali, dan mengadu kecer