Skip to main content

Kisah Tentang "Novel Pertama"

Anggep aja novel indie :P

Gue inget pertama kali gue nulis cerber 78 halaman, diketik di rental komputer depan kos gue di Padang. Kacau, soalnya (namanya juga kota kecil dan gue hidup di lingkungan anak kos) yang punya rental itu akrab sama gue, begitu juga pengunjungnya!
Walah! Kebayang gak seh, gue ngetik tiap hari, berjam-jam duduk sampe pegel, ketawa sendiri (ini sifat udah refleks banget! Ada obatnya gak? :p) kalo dapet ide lucu, garuk-garuk kepala dengan jengkel, kayak orang kesusahan, waktu idenya mentok, sampe lupa makan minum.
Emang sih itu gak istimewa.

Yang bikin stress adalah, karena orang-orang jadi meratiin gue!
Ni anak udahlah kek orang sakit, cengar-cengir gak jelas, nulis gak jelas tapi kayaknya susah dan panjang banget, GAK BAWA APA-APA lagi!
Temen gue bilang, "Lo bikin paper apaan sih sampe rambut lo jadi kriwul gitu?"
Ada lagi, "Gile! Hannie ebat euy! Bikin makalah gak pake bahan! Bakat jadi dosen banget ni anak!"

Sok tau, teaaaaaaaaaaa!!!!!!

Apapun komen mereka, yang jelas gue panik!
Panik berubah jadi stress waktu mereka ngerubungin gue, minta copy paste makalah Hukum Diplomatik Konsuler (dikirain gue lagi bikin tugas itu). Maksa lagi!
Gue senewen berat waktu disorakin "PELIT BANGET NENG!" gara-gara gue langsung me-minimize program words berisi cerber itu. Waduhhh! Gimana dong?????

Susah payah gue ngejelasin sama mereka kalo gue lagi bikin sesuatu yang pastinya gak berkaitan dengan tugas kuliah.
Asli, gue masih malu banget kalo ada yang tau kalo gue tuh hobi nulis cerita.
Mungkin, cuma temen satu kos gue yang tau, itu juga dia gak pernah gue izinin baca cerita-cerita gue!!! Nah, dia yang jelasin sama temen-temen (di belakang gue) kalo gue lagi bikin "proyek".


Emang sih, reaksinya macem-macem, soalnya mereka bilang gue kok bisa sih katanya mo bikin cerita, tapi kok gak bawa bahan sama sekali??
Ya, gimana dong! Duh, makin bikin gak PD aja waktu itu, gara-gara komen mereka.
Masalahnya, gue terbiasa nulis cerita tuh ngalir aja "di ujung jari", tanpa bahan atau coret-coretan (Tau nih, gue kayak males banget sama yang namanya megang bolpen sama kertas :P).

Yang jelas gue cuma tahan 2 hari di rental itu (dapet 21 halaman), dan berhubung batas waktu sayembara cerber makin deket, gue yang udah stress kepingin ngelarin hajatan ini, langsung cari-cari pinjeman komputer dari anak-anak kos tetangga.
Ohya, sekedar kenangan aja, kayaknya ini pertama kali gue punya keinginan besar untuk menulis sebuah cerita fiksi yang panjang. :) Tahun 2002.

Masalahnya waktu itu, gue baru pindah kos, dan konon kabarnya anak-anak depan (kos cowok) orangnya pada nightmare gitu. Dan gue orang yang paling sebel kalo DITOLAK! (tau nih, katanya sih, ini sifat yang bikin gue kayak "sok jaim" gitu, padahal butuh! Huwahahahahaaa!)

Oh, singkat cerita, ternyata nggak se-nightmare itu!
Perminjeman gue GAK ditolak!
Hore! Seneng dong!

Gue thank's banget sama Binsar, anak Teknik 94 yang udah minjemin komputernya tanpa syarat!
Lucu juga nih, waktu itu gue cuma bilang pengen minjem pake (jadi pake di kamarnya, mana tega gue minjem pake dibawa ke kamar gue tu komputer, secara belu kenal gitu lo!), eh tanpa ba bi bu dia bilang, "Pake aja. Ntar gue angkutin ke kamar lo!"

HAH?
Duh, baek amat ni orang!!

Yah, walopun gue pikir, bener juga, gak mungkinlah gue ngetik di tempat dia. Kos cowok gitu lho! Yang seneng, dia tuh gak nanya sama sekali komputernya tu gue pinjem buat apaan. Jadi gue cuma bilang mau pinjem. Titik. dan dia langsung ngangkutin tu desktop pc berat-berat ke kamar gue (rumah kos gue sama rumah kos dia adep-adepan).
Gue bilang mo minjem cuma seminggu (lagian batasnya juga seminggu lagi waktu itu), ternyata sampe dua bulan tu komputer nangkring di rumah gue! Ya, abis tiap mau gue balikin dia malah bilang pegang aja dulu.

Yailah!
Ya, seneng bangetlah gue! Setelah cerber pertama gue kelar (gak menang sih, jelas aja, orang bikinnya buru-buru, ngirimnya juga TELAT 1 hari dari batas waktu tuh!), gue jadi keranjingan bikin cerita lagi. Awalnya pengen bikin cerpen, tapi kenapa yah selalu jebol lebih dari enam halaman????
Gue gak bisa berenti kalo udah dapet inspirasi. Maunya dikembangin terus gitu loh!

Ohya, biarpun gak menang, cerber yang gue ikutin lomba itu sampe sekarang masih ada di perpus gue. Terjilid rapi walau belum gue edit lagi. Setelah gue baca-baca lagi, emang sih banyak banget yang musti dirapiin, tapi gue belum pernah edit lagi (soalnya novel dewasa, lagi gak mood aja). Biar isinya gak jelas gitu, gue suka bangga aja, bahwa gue udah bikin novel sendiri. Lebih bangga lagi, novel itu gue bikin cuma dalam waktu seminggu (padahal justru karena ngebut gitu hasilnya ancur gitu!). Hehehee...

Yah, buat menghibur diri-lah :P Hihihi...

Hmmm... Sehabis komputer itu dibalikin, gue gak pernah lagi bikin cerita. Boro-boro ngetik cerita fiksi, skripsi gue aja diketikin gebetan gue! Gyahahahaaaa....
Jangan mikir, "Oh kalo gitu skripsi Hannie gak murni dong."
Oh,tidak!
Skripsi gue murni gue yang nulis, di kertas!!!! dan buat tambahan info aja, skripsi gue menang lomba penelitian ilmiah dari ADB Loan-Depdiknas bow! *yailah, seneng donk! orang seumur-umur, lomba makan krupuk aja belum pernah menang :P*
Cuma, yang ngetik ya dia! Ya mo gimana, gue udah males ngetik, dan dia nawarin diri, masa rezeki ditolak? Alesan dia sih, biar dia bisa persiapan bikin skripsi sendiri nanti. Howa... Kok?

Iya! Soalnya, ini cowok angkatan 2001, sedang gue anak 98. Lucu deh, soalnya waktu kenalan, katanya dia kira gue anak 2000. padahal udah angkatan mahasiswa abadi tuh gue waktu itu (hampir 5 taun kuliah), masih dikira baru lulus SMA aja! Hihihi... Yang lebih lucu lagi, ternyata umur kita sama! Guenya aja yang kecepetan masuk SD, umur empat taun.

Loh, kok jadi ngomongin dia ya? :P Keluar jalur neh keknya.

Lanjut kapan-kapan lagi aja ah!

Comments

Greiche Gege said…
Han...banggah deh sama kamuhh...
Hannie said…
makasih ya mbak Gege. *terharu banget nih kalo sama mbak ini* :)

Popular posts from this blog

My Friends, My Dreams. Novel dan TV Series. (Review, bagian satu)

Udah lama banget gue pengen nge-review Serial TV berjudul My Friends, My Dreams ini. Novelnya juga sih. Tapi gak sempet-sempet. Oke, mungkin tulisan ini bukan jenis review, ya seenggaknya, serupa review. :p Novel My Friends, My Dreams. Karya : Ken Terate adalah novel –para pemenang sayembara TeenLit Writer- yang pertama gue beli. Gue suka banget novel ini, karena SANGAT BERBEDA dengan novel TeenLit lainnya. Thumb up buat kejelian penulisnya. As we all know, novel bergenre remaja, tentu aja, mengetengahkan kehidupan remaja (hehe, infonya gak penting banget!). Banjirnya sinetron remaja yang sangat gak mutu seperti sekarang, membuat kehidupan remaja sekarang kayaknya cuma berkisar pada kejadian konflik dengan teman, rebutan pacar, cinta gelo, sampe remaja pelaku krimimil. Hellloooooow! Zaman gue sekolah dulu, emang sih rame ikut tawuran, atau digencet kakak kelas, tapi kayakna gak semonoton gitu deh. Masa remaja adalah masa yang paling indah, dan kehidupan sekolah itu menyenangkan. Setuj

My Friends, My Dreams. Novel dan TV Series. (Review, bagian dua)

Sampe suatu ketika, gue kebetulan lagi nonton Kiamat Sudah Dekat (KSD). Pas lagi iklan, ganti chanel, ternyata Serial TV itu muncul di TV7. Sejak itu, gue gak pernah absen nonton (ganti-gantian sama KSD). Gue sampe bela-belain pulang cepet buat bisa nongkrongin TV, apalagi sekarang jam tayangnya dimajuin jadi jam 20. Untung aja tayangnya hari Jumat. Pas mo wiken banget tuh! Gak nyangka, Serial TV-nya (plis deh, ini bukan “sinetron”. Oke?) malah lebih bagus dari yang waktu gue bayangin visual isi novelnya. Aktingnya alami banget. Tiap kejadian selalu bisa membuat gue ikut senyum, hanyut dalam emosi yang wajar, dan yang paling gue suka : ada nilai positifnya, dan itu sangat dominan. Two Thumbs Up!!!! Yang paling gue suka (lagi) adalah bagian di mana Mading Sekolah dikembangkan menjadi TV Sekolah! Semoga aja ini bisa jadi inspirasi buat para remaja yang senang beraktivitas dan ingin memajukan sekolahnya. Gue liat tiap episode, iklannya semakin bertambah dan bahkan jam tayangnya dimajuin

Fear Factor versi Indonesia (#1- Tantangan yang gak kacangan)

Nonton Fear Factor Versi Indonesia kemarin, ada dua hal yang ingin gua komentari, dan itu akan gua bagi dalam 2 tulisan. Yang pertama, bahwa reality show tentang memerangi rasa takut ini memang sangat menarik -kalo gak bisa dibilang keyen- Di luar kenyataan bahwa sampe sekarang persertanya masih didominasi orang-orang yang katanya-lumayan-beken-dan-tampang-kayak-maksa -musti-cakep itu (biasa deh, stereotip dunia hiburan, orang Indonesia kayak malu ama tampang asli bangsa sendiri), tantangan yang harus dihadapi peserta memang cukup berhasil "mbikin-takut-n-jijik". Sesuai temanya, yaitu faktor yang menakutkan, tantangan tersebut gak semata berupa tantangan fisik yang memerlukan otot kawat-tulang besi. Hal ini yang paling menarik, mengingat gak semua orang sekuat Gatotkaca, tapi belum tentu seorang Superman berani tidur dalam kotak kecil bareng sekumpulan tarantula berbisa. Ohya, ada dua hal yang paling gua suka dalam menghadapi tantangan : yang menguji nyali, dan mengadu kecer