Skip to main content

Pasca M Syndrome, bahwa bangun pagi itu PENTING!

Kenapa judulnya pake Pasca MS? Karena kalo PMS berarti Pra MS, jadi Pasca MS di sini berarti ya Pasca MS, hehhee. MS sendiri berarti... euh, you know sendiri laaaa....
Ada satu kebiasaan juelekkk banget setiap kali gua PcMS, yaitu pagi hari2 gua selalu terburu-buru karena bangunnya masih suka telat. Maklum kan cewek kalo lagi M gak perlu subuhan, jadi gua bisa nyetel beker supaya bunyi jam ½ 7 saja. Hehhe... Jadi malu nih sama matahari.... Maklumin ajalah, seringkali gua baru bisa tidur tuh setelah lewat jam 1 pagi....

Secara subuh yang afdhol adalah sebelum jam lima pagi, seharusnya di hari begitu kelar M gua bangun jam segitu. Tapi, nah, mungkin ini yang disebut jam biologis yee. Kebiasaan bangun lebih molor selama seminggu seringkali bikin pada minggu gua berikutnya masih tetep telat mengawali hari. Dalam sebulan ada aja tuh pagi hari di mana gua mengucap niat sholat subuh dan saat bersamaan emak gua mau sholat dhuha. Parah...

Kegiatan tidur-bangun yang baik dan benar sehat
Banyak orang mengalami kesulitan bangun pagi, padahal itu cuma perkara menyetel jam biologis aja.
Berikut adalah saran dari pakar permoloran, Dr. dr. Hannie, SpT, MARS, MBA.
1. Usahakan tidur yang cukup, misalnya sebelum jam 10.
Emang sih, nih konyol banget kayak jam boboknya anak SD. Kalo iya lagi gak lembur kerjaan, kalo lagi banyak tugas gimana??? Makanya do and finish semua pekerjaan di saat masih matahari masih bersinar. Lagipula, kalau kamu orangnya rada2 insomnia kek gua, berbaring jam 10 belum berarti lo bisa tidur jam 10. Kalo lagi banyak pikiran, tetep aja gua lelapnya baru jam 1 pagi. Nah, loh...

2. Cuci kaki dan tangan sebelum tidur. Jangan lupa pipis. Ini penting!!!

3. Berdoa. Seringkali kita gak bisa tidur karena rasanya ada yang kurang...

4. Kosongkan pikiran sejak mulai berbaring.
Seringkali kesulitan tidur terjadi karena pikiran kita masih terjaga. Jadi jangan mikirin tagihan kartu kredit yang belom dibayar, jangan baca buku yang berat dan menarik sebelum tidur, jangan inget2 film yang barusan ditonton. Ngitungin jumlah domba terbang di langit juga berefek negatif buat yang doyan matematika. Bobok aja langsung.

5. Setel alarm beker atau alarm HP pada setengah jam lebih awal dari jam kita ingin bangun. Ini penting terutama buat yang suka ngulet2 dulu sebelom nyawanya lengkap. Tapi jangan lupa di-snooze supaya gak ketiduran lagi.

6. Setelah bangun, langsung pergi ke kamar mandi dan cuci muka!!

Keliatanya gampang kan? Gua selalu sukses bangun pagi kalau menjalankan semua itu. Sayangnya, kedatangan tamu bulanan suka merusak jam biologis gua. Walopun udah bertekad 45 bakal tetep bangun pagi saat lagi M, tapi pasti deh tetepp molor bangunnya. Abisan gak perlu subuhan. Huhuhu... gua jadi ngeh kenapa Subuh itu amat berguna buat kesehatan jiwa dan raga. Ibarat relaksasi pagi.

Anyway, perkara wajib bangun pagi-pagi buta memang sangat penting bagi penduduk Jakarta yang jalanannya selalu macet bin mumet. Untung gua gak perlu sepagi buta itu sih. Tapi jadinya setiap pagi usai M gua selalu pontang panting berupaya agar bisa bangun jam 5< lagi. Jangan dikira ini perkara gampang. Seperti yang dibilang di atas; Ini masalah jam biologis tubuh manusia yang selama minggu lalu terbiasa bangun moloran. Nyetel alarm doang seringkali percuma buat kebo penderita insomnia kek gua. Udah dua minggu ini gua berjuang mati2an supaya bisa bangun pagi. Penting banget, karena gara2 molor inilah jadwal kerja gua kemarenan rada berantakan. :(

Laporan Pagi Harian PsMS
Hari 1 setelah M : lupa setel alarm. Telat bangun.
Hari 2, 3 : Udah pasang alarm. Masih gak ngaruh tuh.
Hari 4 : Idem. Malah sampe hampir telat kerja.
Hari 5 : Langsung terduduk bangun ngedenger raungan HP. Berisik banget!
Tapi, kok, nada dering???? Ouch...
GILA NI ORANG NELPON-NELPON KOK YAAA... JAM 2 PAGI!!!?! #$%#@#!!!!
Telat. *hiks*

Hari 6 : Bangun tepat jam 5. Tapi masih weekend, jadi ya rada percuma.
Hari 7 : Busyet! Telattttttttt! Bad Monday...
Hari 8 : pasang alarm HP di level tertinggi untuk jam 4. Gak ngaruh karena tiap bunyi, langsung gua snooze. Baru bangun jam ½ 6.
Hari 9 : Idem, padahal udah ditambah pasang beker. Bertekad besok HARUS bangun jam 5.

Secercah Pencerahan. Sebuah Solusi
Akhirnya gua tau solusinya. Percuma aja kita nyetel alarm jam berapa pun, kalo emang lebih cinta bantal abis matiin alarm ya tidur lageee. Lagian tinggal pijit tombol snooze, ntar juga berenti. Jadi....

Kesimpulan :
- Setel bunyi alarm di level tertinggi!
- Pasang sejauh-jauhnya dari jangkauan!!
Pokoknya bunyi alarm seberisik raungan sirene pemadam kebakaran itu harus bisa bikin kita bangkit dari kasur!!!

Back to Laporan Pagi Harian PsMS
Hari 10 : Alarm HP meraung-raung dari atas desktop. Berhasil bangkit, tekan tombol mati. Eh, tapi tidur lagi.... TELAT LAGI!!!! #$%@%$#!!!!

Hari 11 : dapet ilham. Pasang beker di bawah tumpukan lemari baju, dengan harapan kesibukan panik nyari2 posisi beker di pagi hari bisa bikin melek. Cukup berhasil.

Hari 12 : idem. Tapi bekernya langsung ketemu. Jadinya TELAT LAGI! *nangis darah*

Hari 13 : Pasang 4 beker. 1 taro di atas desktop PC, 1 di meja rias, 1 dalem lemari, 1 lagi DI LUAR KAMAR.
CIHUIIII!!!! BERHASILLLL!!!!! *jingkrak jingkrak*

Hari 14 : idem. YAY!!! STILL SUCCESS!!!! Beker#4 membuat gua melek 100% setelah sukses menabrak meja ruang tengah! -> sakingan panik denger bunyi raungannya.

Hari 15 dst : Huahauahauhuaaa…. Akhirnya gua berhasil memperoleh kembali jam biologis gua. Mulai hari ini kembali tinggal pasang alarm HP doang.
Tapi tetep letakkan jauh dari jangkauan.

Hehehhh…. Parah banget! Di beberapa bagian rada hiperbolis, tapi kira2 emang begitulah kegiatan pagi gua selama PsMS. Berhubung tamu ini datangnya setiap bulan, jadi gua sudah bertekad untuk pada hari2 M gua bakal tetap bangun subuh. Kebutuhan 2 rakaat subuh yang bagi gua kek relaksasi pagi bakal gua gantikan dengan lari pagi muterin kompleks! Huahuahuahuaaa.... NGAREP DOANG KALI YEE.... Mengingat penduduk komplek rumah gua jarang banget yang joging di hari kerja. Hmm... Atau mungkin gua akan memasak aja sebentar. Biar emak gua bisa istirahat sedikit. Hihihi. Gimana ntar aja deh....

Tips :
Bagi kamu yang mau coba juga trik masang beker sebanyak2nya, coba pasang beker di tempat2 berikut :
- di kamar,
- di ruang tengah,
- di lorong, dan terakhir,
- di kamar mandi.
Setel agar semua alarm berbunyi pada saat bersamaan, makin jauh lokasinya, bunyinya makin panjang dan keras. Dijamin kamu bakal langsung melek dan cuci muka setelahnya.

Have a nice day :)

Comments

Popular posts from this blog

My Friends, My Dreams. Novel dan TV Series. (Review, bagian satu)

Udah lama banget gue pengen nge-review Serial TV berjudul My Friends, My Dreams ini. Novelnya juga sih. Tapi gak sempet-sempet. Oke, mungkin tulisan ini bukan jenis review, ya seenggaknya, serupa review. :p Novel My Friends, My Dreams. Karya : Ken Terate adalah novel –para pemenang sayembara TeenLit Writer- yang pertama gue beli. Gue suka banget novel ini, karena SANGAT BERBEDA dengan novel TeenLit lainnya. Thumb up buat kejelian penulisnya. As we all know, novel bergenre remaja, tentu aja, mengetengahkan kehidupan remaja (hehe, infonya gak penting banget!). Banjirnya sinetron remaja yang sangat gak mutu seperti sekarang, membuat kehidupan remaja sekarang kayaknya cuma berkisar pada kejadian konflik dengan teman, rebutan pacar, cinta gelo, sampe remaja pelaku krimimil. Hellloooooow! Zaman gue sekolah dulu, emang sih rame ikut tawuran, atau digencet kakak kelas, tapi kayakna gak semonoton gitu deh. Masa remaja adalah masa yang paling indah, dan kehidupan sekolah itu menyenangkan. Setuj

My Friends, My Dreams. Novel dan TV Series. (Review, bagian dua)

Sampe suatu ketika, gue kebetulan lagi nonton Kiamat Sudah Dekat (KSD). Pas lagi iklan, ganti chanel, ternyata Serial TV itu muncul di TV7. Sejak itu, gue gak pernah absen nonton (ganti-gantian sama KSD). Gue sampe bela-belain pulang cepet buat bisa nongkrongin TV, apalagi sekarang jam tayangnya dimajuin jadi jam 20. Untung aja tayangnya hari Jumat. Pas mo wiken banget tuh! Gak nyangka, Serial TV-nya (plis deh, ini bukan “sinetron”. Oke?) malah lebih bagus dari yang waktu gue bayangin visual isi novelnya. Aktingnya alami banget. Tiap kejadian selalu bisa membuat gue ikut senyum, hanyut dalam emosi yang wajar, dan yang paling gue suka : ada nilai positifnya, dan itu sangat dominan. Two Thumbs Up!!!! Yang paling gue suka (lagi) adalah bagian di mana Mading Sekolah dikembangkan menjadi TV Sekolah! Semoga aja ini bisa jadi inspirasi buat para remaja yang senang beraktivitas dan ingin memajukan sekolahnya. Gue liat tiap episode, iklannya semakin bertambah dan bahkan jam tayangnya dimajuin

Fear Factor versi Indonesia (#1- Tantangan yang gak kacangan)

Nonton Fear Factor Versi Indonesia kemarin, ada dua hal yang ingin gua komentari, dan itu akan gua bagi dalam 2 tulisan. Yang pertama, bahwa reality show tentang memerangi rasa takut ini memang sangat menarik -kalo gak bisa dibilang keyen- Di luar kenyataan bahwa sampe sekarang persertanya masih didominasi orang-orang yang katanya-lumayan-beken-dan-tampang-kayak-maksa -musti-cakep itu (biasa deh, stereotip dunia hiburan, orang Indonesia kayak malu ama tampang asli bangsa sendiri), tantangan yang harus dihadapi peserta memang cukup berhasil "mbikin-takut-n-jijik". Sesuai temanya, yaitu faktor yang menakutkan, tantangan tersebut gak semata berupa tantangan fisik yang memerlukan otot kawat-tulang besi. Hal ini yang paling menarik, mengingat gak semua orang sekuat Gatotkaca, tapi belum tentu seorang Superman berani tidur dalam kotak kecil bareng sekumpulan tarantula berbisa. Ohya, ada dua hal yang paling gua suka dalam menghadapi tantangan : yang menguji nyali, dan mengadu kecer