Skip to main content

Selamat Jalan, Om Chrisye

Ini mustinya gue post Minggu kemaren, tapi flash disk gue keselip mulu dan baru 'ditemukan' tadi.


Kenangan “Pergilah Kasih” versi puisi by anak kecil gila

Sewaktu masih SD, di Semarang, gue tinggal di rumah dinas (bokap) yang mana sikon rumahnya asyik banget. Cuma satu lantai, tapi bagian gentengnya berupa semacam hall terbuka gitu, luas banget, setengah luas atap rumah. Biasanya gue dan ketiga Uda gue kalo gak main layangan ya main petak umpet di hall atap. Kadang-kadang sampe main gobak sodor juga (masih ada gak sih yang main gobak sodor, or ’permainan kampung’ yang asyik banget gitu?) :)

Nah, pagi tadi, entah kenapa gue teringat sama satu kenangan yang mungkin secara gak langsung berhubungan dengan alm. Chrisye. Seperti kita tahu, alm meninggal pada hari baik, Jumat kemarin, dan hingga kini koran-koran nasional dan media lain masih memberitakan tentang dirinya, semacam kilas sejarah tentang Chrisye gitu.
Kebetulan gue baca diskografi album Chrisye, salah satu judulnya adalah "Pergilah Kasih".

Jadi inget, waktu itu gue umur 7 taun, tapi secara punya banyak kakak, bacaan gue ya majalah remaja masa itu kek Kawanku, HAI, GADIS, gitu deh. Ngerti juga nggak kali sama artikel-artikelnya, secara gue tetep kan otak polosnya anak kecil kelas 3 SD gitu. Palingan yang gue baca adalah artikel tentang Bon Jovi, Sepultura (lohh??) soalnya Ajohandsome kan penggemar berat Bon Jovi. Ketularan deh!

Gue juga suka rubrik puisi, dan suka banget ngebaca puisi. Saking sukanya, cara gue ngebaca puisi bener-bener kek seniman yang (rata-rata) sarap gitu, yaitu gue naik ke hall atap, kadang berdiri di atas genteng dan meneriakkan bait-bait puisi tersebut dengan penuh perasaan. Mungkin waktu itu kegilaan gue sama baca puisi bisa disamain dengan temennya Lupus, si Gusur. Kayaknya sih Mama dan Uda gue sempet tengsin juga punya anak dan adik ’seniman’ sarap kek gue, tapi untung mereka selalu berujar, ”Ya, namanya juga anak-anak..” sambil tersenyum mohon pemakluman pada tetangga-yang-lewat-sambil-melongok-ke-atap.

Nah, suatu kali, di majalah HAI gue nemuin cerpen yang di dalamnya ada bait-bait berjudul ”Pergilah Kasih”. Namanya juga anak kecil masih bego dan gak gaul, langsung aja gue kirain itu puisi, dan bukan lagu (yeah, ternyata itu LAGUnya Chrisye, baru gue tau tuh 15 taun kemudian!). Merasa nemuin puisi baru buat dibaca, gue langsung aja bawa tuh majalah naik ke genteng, bersiap menjalankan ritual ’teriak manggil ujan’ (istilah Uni gue). Dengan manisnya gue ambil posisi. Secara gue merasa udah pro, gue mengharapkan pendengar yang lebih banyak dari sekedar burung dan pohon mangga di genteng. Jadi gue memilih beraksi di hall yang persis ngadep tetangga belakang, yang kebetulan mereka sekeluarga lagi bercengkerama sore *cieeehh... bahasanya!*. Penuh semangat, gue mulai berteriak puitis

Pergilah kasih (baca dengan versi puisi)
Pergiiiiiiilah kasiiiiiiihhhhh
gapailah keinginanmuuuuuuu
Jangan hiraukan diiiiirikuuuuuuu
Aku rela berkorban
demi untuk diiiiirimuuuuuuu
semoga tercapai
segala keinginanmuuuuuuuuuuu

Pergiiiiiilah kasiiiiihhhhhh
Gapailah keinginanmuuuuuu
Selagi masih adaaaaa waktuuuuu...
*bla bla bla (gak inget)*

Well, siang itu, tanpa gue sadari gue telah merusak 2 hal :
1. Kebahagiaan keluarga tetangga belakang rumah gue. Walaupun bapak-ibunya tampak tersenyum-senyum geli ngeliat anak kecil gila teriak-teriak di atap tetangganya, di sela-sela tepukan tangannya mereka mungkin berpesan pada anak-anaknya agar tidak melakukan hal yang sama di atas genteng rumah mereka.
2. Lagu yang indah. 15 tahun setelahnya (telat banget yah) gak sengaja gue denger lirik Pergilah Kasih itu versi lagu aslinya, dan menyadari kalo aja gue waktu itu sedikit lebih dewasa, lalu masih nekat berpuisi cempreng gitu di depan penggemar-tulen Chrisye, mungkin gue udah jatuh dari atap -akibat lemparan buah mangga- sebelum lagu-puisi itu selesai gue teriakkan.

Hmmm... Kenangan masa kecil kadang membuat kita ingin jadi (anak) kecil lagi :)

Balik ke alm. Chrisye.
Gue memang bukan penggemar-tulennya blio, mungkin secara beda generasi kali yah. Tapi gue sempet suka kok sama lagu yang blio nyanyiin bareng Peterpan (itu loh yang soundtrack sinetron Liontin). Trus lagu wajib yang masih suka dinyanyiin banyak orang pas lagi ngumpul : "Kemesraan". Duh... Jadi keinget waktu nyanyi ini bareng-bareng temen kuliah waktu kemping di Teluk Bungus, Padang. Chrisye emang hebat!!!

Btw,
jujur aja. Alasan lain gue ngepost ini, selain karena kenangan di atas, adalah karena gue baru baca tittle ’condolences’ di blognya tante gue. Jadi keinget, kalo Chrisye tuh notabene masih bertalian sodara ama kel. gue *huehehehee, noraqs.com*
Memang sih bukan sama om Chrisye-nya donk, tapi sama istrinya; tt Yanti (Anti), blio kan setengah Pariaman (kel. Zain). Setengahnya lagi (bokapnya tt.) konon masih trah pangeran dari Banjar, Kalimantan (makanya dulu pernah ngebentuk grup namanya ”Noor Bersaudara”). Ohya, salah satu Uda ibunya tante Anti *pusing gak sih* pernah jadi Gub. Sumbar.

Gue jadi inget, dulu sewaktu para ortu kel. Zain still alive, setiap Lebaran hari kedua kita selalu silaturahim ke mereka, soalnya kel. gue (St. Abidin dan St. Iskandar) cukup deket hubungannya, kan sesama urang Piaman rantau. Banyak banget yang musti didatengin, kadang kita cuma mampir sepuluh menitan trus pamit ngider lagi (seharian). Asyik banget deh, salam tempel mulu! Wekekeee...! Tapi sekarang gak pernah lagi coz semuanya (para ortu kel. Z) udah passed away.

Dari blog tt Lily gue baru tau kalo tt Anti (dan mungkin, sama om Chrisye?) rupanya pas Idul Adha olwis mampir ke ’base camp’ St Iskandar (rumah om Yul). Maklum, rumah om Y kan di Cipulir, dan secara kel. gue juara telat *hahaha* kita selalu baru dateng buat ngumpul Id atau AKSI (Arisan Kel. St. I) abis Zuhur. Sayang banget tuh, secara kalo dateng pagian kan mana tau gue sempet ketemu sama om Chrisye (alm.) dan minta maap atas penyalahgunaan lagu indahnya yang sempat gue jadikan puisi anak kecil gila. *,*

Hmm...
Dunia memang gak selebar daun kelor. Tapi kadang juga terasa kalo dunia cuma selebar daun pepaya. ’Sodaraan’ sama artis sehebat Chrisye... I feel... so rightfully proud, walo anehnya gue baru inget (lagi) pertalian ini justru pas blio udah gak ada.

Selamat jalan Chrisye (w/o ’Om’), engkau memang milik semua orang...
Semangatmu menginspirasi banyak orang...
Kini pun, dirimu tlah meninggalkan kesan di hati semua orang yang mengenal lagu-lagumu.
Selamat jalan,
pergilah kasih....

Comments

Popular posts from this blog

My Friends, My Dreams. Novel dan TV Series. (Review, bagian satu)

Udah lama banget gue pengen nge-review Serial TV berjudul My Friends, My Dreams ini. Novelnya juga sih. Tapi gak sempet-sempet. Oke, mungkin tulisan ini bukan jenis review, ya seenggaknya, serupa review. :p Novel My Friends, My Dreams. Karya : Ken Terate adalah novel –para pemenang sayembara TeenLit Writer- yang pertama gue beli. Gue suka banget novel ini, karena SANGAT BERBEDA dengan novel TeenLit lainnya. Thumb up buat kejelian penulisnya. As we all know, novel bergenre remaja, tentu aja, mengetengahkan kehidupan remaja (hehe, infonya gak penting banget!). Banjirnya sinetron remaja yang sangat gak mutu seperti sekarang, membuat kehidupan remaja sekarang kayaknya cuma berkisar pada kejadian konflik dengan teman, rebutan pacar, cinta gelo, sampe remaja pelaku krimimil. Hellloooooow! Zaman gue sekolah dulu, emang sih rame ikut tawuran, atau digencet kakak kelas, tapi kayakna gak semonoton gitu deh. Masa remaja adalah masa yang paling indah, dan kehidupan sekolah itu menyenangkan. Setuj

My Friends, My Dreams. Novel dan TV Series. (Review, bagian dua)

Sampe suatu ketika, gue kebetulan lagi nonton Kiamat Sudah Dekat (KSD). Pas lagi iklan, ganti chanel, ternyata Serial TV itu muncul di TV7. Sejak itu, gue gak pernah absen nonton (ganti-gantian sama KSD). Gue sampe bela-belain pulang cepet buat bisa nongkrongin TV, apalagi sekarang jam tayangnya dimajuin jadi jam 20. Untung aja tayangnya hari Jumat. Pas mo wiken banget tuh! Gak nyangka, Serial TV-nya (plis deh, ini bukan “sinetron”. Oke?) malah lebih bagus dari yang waktu gue bayangin visual isi novelnya. Aktingnya alami banget. Tiap kejadian selalu bisa membuat gue ikut senyum, hanyut dalam emosi yang wajar, dan yang paling gue suka : ada nilai positifnya, dan itu sangat dominan. Two Thumbs Up!!!! Yang paling gue suka (lagi) adalah bagian di mana Mading Sekolah dikembangkan menjadi TV Sekolah! Semoga aja ini bisa jadi inspirasi buat para remaja yang senang beraktivitas dan ingin memajukan sekolahnya. Gue liat tiap episode, iklannya semakin bertambah dan bahkan jam tayangnya dimajuin

Fear Factor versi Indonesia (#1- Tantangan yang gak kacangan)

Nonton Fear Factor Versi Indonesia kemarin, ada dua hal yang ingin gua komentari, dan itu akan gua bagi dalam 2 tulisan. Yang pertama, bahwa reality show tentang memerangi rasa takut ini memang sangat menarik -kalo gak bisa dibilang keyen- Di luar kenyataan bahwa sampe sekarang persertanya masih didominasi orang-orang yang katanya-lumayan-beken-dan-tampang-kayak-maksa -musti-cakep itu (biasa deh, stereotip dunia hiburan, orang Indonesia kayak malu ama tampang asli bangsa sendiri), tantangan yang harus dihadapi peserta memang cukup berhasil "mbikin-takut-n-jijik". Sesuai temanya, yaitu faktor yang menakutkan, tantangan tersebut gak semata berupa tantangan fisik yang memerlukan otot kawat-tulang besi. Hal ini yang paling menarik, mengingat gak semua orang sekuat Gatotkaca, tapi belum tentu seorang Superman berani tidur dalam kotak kecil bareng sekumpulan tarantula berbisa. Ohya, ada dua hal yang paling gua suka dalam menghadapi tantangan : yang menguji nyali, dan mengadu kecer