Skip to main content

Chef amatir

Thomas Alfa Edison melakukan 2000 kali percobaan yang gagal sebelum berhasil menemukan lampu pijar.
Saat ditanya, dia bilang, "Aku tidak gagal. Aku menemukan 2000 cara tidak membuat lampu pijar."


Di atas adalah kisah (sejarah) favorit gue, sebuah kisah inspiratif yang banyak dikutip orang, temasuk dalam film-film Hollywood kayak film favorit gue; National Geographic Treasures, yang dibintangi aktor watak favorit gue juga, om Nicholas Cage.

Ehm. Mari kita tinggalkan sejenak opung Thomas yang udah rest in peace, juga om Nico yang masih botak aja, dan beralih ke cerita tentang percobaan pembunuhan pembuatan kue yang dilakukan seorang chef amatir pada suatu Minggu siang yang tenang dekat pohon jamblang yang rindang. *halah!* :p

Jadi ceritanya kan si Hanni lagi punya hobi baru, bikin kue setiap minggu. Kalo bisa sih tiap hari! Berhubung waktunya masih harus dibagi dengan kerja bakti dan nulis, ya jadinya cuma bisa sekali seminggu. Tapi parah banget deh, selama rentang waktu seminggu itu otaknya konak banget mikirin "besok tuh mo bikin kue apa lagi ya?" Hehehe :-)

Sejauh ini, saya udah bikin beberapa jenis kue, tapi belum pernah bikin yang jajanan pasar dan kue kering. Ceritanya kan sekarang lagi mau Lebaran. Nah, baca-baca artikel di koran, banyak yang lagi ngomongin (bisnis) kue Lebaran, terutama kue kering. Trus jadi kepikiran deh buat bikin juga. Bukan buat dagang sih *kalo toh iya, nggak sekarang kali yeee :-)*

Kebetulan lagi, kemaren beli margarin Bluben, eh di belakangnya ada resep kue kering (hahaha), keliatannya kok gampang banget. Akhirnya kepengen nyoba bikin juga, dan terjadilah pembajakan besar-besaran atas dapur rumah di hari Minggu.
Ohya, ceritanya waktu itu Mama juga lagi bikin rendang. Nggak tanggung-tanggung, bikin rendangnya sampe TIGA kilo bo! Buat persediaan menuju lebaran kaliiii (tapi menjelang Lebaran bikin lagi). Btw Mama spesial loh beli wajan yang gedenya ngalahin payung SBY waktu sidak Lapindo. :-D Masak rendang sebanyak itu nggak bisa di kompor gas, rugi bandar euy, lagian pantat kualinya cembung banget, jadinya ya di kompor minyak tanah. Btw, ini kompor bersejarah banget, karena dibeli ketika gue ngekos di Padang. Kompor inilah yang menyelamatkan hidupku, nyawaku, perutku, *hehehe* selama lima tahun. Kompor ini punya jam terbang sangat tinggi karena banyak digunakan untuk memasak.... MI INSTAN!!! *gubrak* Hidup anak kost!!!!

Ini rendang tiga kilo baru dimasak, plus sang kompor bersejarah

Sengaja masak rendangnya di teras belakang, soalnya dapur lagi diakuisisi sama gue. :-)

Kembali ke cerita pembuatan kue kering oleh chefamatiryangsotoybangetgetoloch ini. Bagi yang suka beli Blubend mungkin tau resep ini nih. ^__^
Berikut adalah copy resepnya, dengan penyesuaian dari chef amatir untuk (SESAMA) chef amatir lainnya. :-) *iya, malu nih ama yang udah pro* :p
Ohya, gue bikinnya ½ porsi dari resep aslinya, soalnya kan baru percobaan. Segini aja hasilnya udah banyak banget loh (1 toples lebih)

Ken-ched banket (Judul aslinya Kenari Banket)
Bahan :
Terigu 150 gr
Maizena 50 gr
Susu bubuk 12,5 gr
Blue band 100 gr (cairkan)
Kuning telur 2 butir (1 untuk dicampur adonan, 1 lagi untuk olesan)
Gula halus 87,5 gr
Baking powder ½ sdt
Kenari (yang udah dikupas) 50 gr, lebih juga boleh. Rendam dalam air panas, lalu keringkan (oven sebentar). Potong panjang2
Keju cheddar, sesuai selera. Diiris tipis2 & panjang.

Cara membuat :
1. Kocok Blue band, kuning telur, dan gula hingga putih. Boleh pake mixer.
2. Masukkan terigu yang sudah dicampur maizena, susu, dan baking powder.
3. Uleni perlahan hingga rata betul Disarankan untuk menggunakan mangkuk yang agak lebar.
4. Adonan dicetak. Untuk ini ada dua pilihan cara; pertama digiling tipis (1/2 cm) dulu, atau cetak langsung dari mangkok lebar tempat adonan (tanpa giling, lebih praktis).
5. masukkan satu persatu cetakan adonan ke dalam loyang yang sudah dioles tipis mentega,
6. setelah itu poles atasnya satu persatu dengan kuning telur (campur sedikit air). Lalu taburi kenari dan keju cheddar.
7. panggang hingga kuning. Tidak usah terlalu lama.

Hehehe, gayanya gue ngasih resep kayak udah jago aja :-)

Ohya, Mama, waktu tau aku mau bikin kue kering bilang gini :
"Nak, bikin kue kering gini kan susah banget! Mendingan beli, deh."
"Yah, Mama. Belum bikin aja bilang susah. Nyoba dulu ya Ma, baru ntar berasa susah apa enggaknya? :-)"

Pas adonan lagi dicetak, aku bilang :
"Duh, capenya..."
Nah, kan, cape? Mendingan juga beli. Ngapain kamu 3 jam nunduk-nunduk begitu, bikinnya ngga sebrapa, pegelnya ampe besok."
"Hehehe, iya sih Ma. Tapi kan senang, Ma. :-)"

Ternyata bikin kue kering itu CAPENYA SETENGAH MATI, BO! Catet, CAPE-nya, dan bukan SUSAH-nya. Karena resepnya emang ngga susah sama sekali.
Bener-bener dah, sekarang gue tau kenapa harga kue kering itu mahal, padahal modalnya ngga semahal itu. Tapi bukankah tenaga dan kreativitas juga layak dibayar?

Saran nih, JANGAN nawar deh kalo mo beli kue kering langsung dari pembuatnya. NGGAK TEGA! Hihihi. @_@

Trus mana hasilnya?
Hehehe, tau nggak, dasar masih amatiran, ovenan pertamaku ternyata kelamaan. Alias GOSONG SEMUWAH! Huwaaa... T_T pengen nangis bombay ngga seeh! T_T
Huhuhu! Gara-garanya gue ngga tau kalo kue kering itu cepet matengnya, ngga sama dengan kalo bikin kue bolu misalnya. *ihik!*
Tapi trus gue langsung keinget sama kutipan cerita soal opung Thomas di atas, :-) jadi semangat lagi!!! Yeah, gue toh nggak perlu done 2000 kali percobaan hingga menemukan batas waktu yang tepat untuk mengoven kue kering (lagian bego amat kalo sampe 2000 kali :p), makanya kegagalan pertama ini gue jadiin pelajaran. Gue jadi setia banget nunggu di depan oven selama 10 menit, bolak balik mastiin kuenya udah harum dan kekuningan apa belum. Hihihi. Ternyata berhasil bo!!! Yiha!! Sik asik asik!!! *lumpadlumpadkegirangan*

Panggangan berikut, aku sekalian belajar nyempurnain cetakan adonannya. Maklum kan suka ancur gitu pas diangkat. Alhamdulillah berhasil lagi. Duhhh! Senenggg banget! Sekarang aku juga ngerti deh kenapa para pembuat kue yang aku baca di koran itu bilang, "capenya terbayar ketika kuenya jadi". Sensasi bikin kue kering itu ternyata beda loh sama bikin kue basah! Hahaha :-)

Ini dia hasilnya. Ada yang mau? Datang aja ke rumah gue, hehehe.
Photobucket - Video and Image Hosting Photobucket - Video and Image Hosting

Untung masih sempet difotoin, dan untung juga bikinnya pas puasa. Soalnya orang rumah kan tukang makan semua :-) Bener aja, begitu azan Magrib, minum jus mangga, langsung deh pada nyerbu kue ini. Hmmm, nyam nyam! Langsung tinggal seperempat toples bo! Hanya dalam semalam. Padahal cuma berempat doang yang makanin :-)

Hari Minggu besok rencananya mau bikin lagi ah! :-) Soalnya keju dan kenarinya masih banyak banget. Sekalian juga mau coba bikin kastengel nih. ^__^ *Walah, apa ngga sekalian aja besok langsung gelar dagangan aja Han?* Hahaha.

Eh iya, Mama begitu tau besok aku mau coba bikin kastengel bilang lagi :
"Wah jangan Nak. Sayang, bikin kastengel itu susah banget! Kalo ngga jago bener ya nggak bisa."
"Yaah... kalo belum pernah bikin kan mana ketauan susah apa gampangnya, juga jago apa enggaknya Ma? ;)"
"Hmmm..." *Mama mikir kali, ni anak keras kepala banget* :-)
"..." *still waiting for her comments*
"Ya udah. Kalo gitu kamu sekalian bikin kue nastar ya, buat kue Lebaran."
"??!" *gubrak*

Comments

Popular posts from this blog

My Friends, My Dreams. Novel dan TV Series. (Review, bagian satu)

Udah lama banget gue pengen nge-review Serial TV berjudul My Friends, My Dreams ini. Novelnya juga sih. Tapi gak sempet-sempet. Oke, mungkin tulisan ini bukan jenis review, ya seenggaknya, serupa review. :p Novel My Friends, My Dreams. Karya : Ken Terate adalah novel –para pemenang sayembara TeenLit Writer- yang pertama gue beli. Gue suka banget novel ini, karena SANGAT BERBEDA dengan novel TeenLit lainnya. Thumb up buat kejelian penulisnya. As we all know, novel bergenre remaja, tentu aja, mengetengahkan kehidupan remaja (hehe, infonya gak penting banget!). Banjirnya sinetron remaja yang sangat gak mutu seperti sekarang, membuat kehidupan remaja sekarang kayaknya cuma berkisar pada kejadian konflik dengan teman, rebutan pacar, cinta gelo, sampe remaja pelaku krimimil. Hellloooooow! Zaman gue sekolah dulu, emang sih rame ikut tawuran, atau digencet kakak kelas, tapi kayakna gak semonoton gitu deh. Masa remaja adalah masa yang paling indah, dan kehidupan sekolah itu menyenangkan. Setuj

My Friends, My Dreams. Novel dan TV Series. (Review, bagian dua)

Sampe suatu ketika, gue kebetulan lagi nonton Kiamat Sudah Dekat (KSD). Pas lagi iklan, ganti chanel, ternyata Serial TV itu muncul di TV7. Sejak itu, gue gak pernah absen nonton (ganti-gantian sama KSD). Gue sampe bela-belain pulang cepet buat bisa nongkrongin TV, apalagi sekarang jam tayangnya dimajuin jadi jam 20. Untung aja tayangnya hari Jumat. Pas mo wiken banget tuh! Gak nyangka, Serial TV-nya (plis deh, ini bukan “sinetron”. Oke?) malah lebih bagus dari yang waktu gue bayangin visual isi novelnya. Aktingnya alami banget. Tiap kejadian selalu bisa membuat gue ikut senyum, hanyut dalam emosi yang wajar, dan yang paling gue suka : ada nilai positifnya, dan itu sangat dominan. Two Thumbs Up!!!! Yang paling gue suka (lagi) adalah bagian di mana Mading Sekolah dikembangkan menjadi TV Sekolah! Semoga aja ini bisa jadi inspirasi buat para remaja yang senang beraktivitas dan ingin memajukan sekolahnya. Gue liat tiap episode, iklannya semakin bertambah dan bahkan jam tayangnya dimajuin

Fear Factor versi Indonesia (#1- Tantangan yang gak kacangan)

Nonton Fear Factor Versi Indonesia kemarin, ada dua hal yang ingin gua komentari, dan itu akan gua bagi dalam 2 tulisan. Yang pertama, bahwa reality show tentang memerangi rasa takut ini memang sangat menarik -kalo gak bisa dibilang keyen- Di luar kenyataan bahwa sampe sekarang persertanya masih didominasi orang-orang yang katanya-lumayan-beken-dan-tampang-kayak-maksa -musti-cakep itu (biasa deh, stereotip dunia hiburan, orang Indonesia kayak malu ama tampang asli bangsa sendiri), tantangan yang harus dihadapi peserta memang cukup berhasil "mbikin-takut-n-jijik". Sesuai temanya, yaitu faktor yang menakutkan, tantangan tersebut gak semata berupa tantangan fisik yang memerlukan otot kawat-tulang besi. Hal ini yang paling menarik, mengingat gak semua orang sekuat Gatotkaca, tapi belum tentu seorang Superman berani tidur dalam kotak kecil bareng sekumpulan tarantula berbisa. Ohya, ada dua hal yang paling gua suka dalam menghadapi tantangan : yang menguji nyali, dan mengadu kecer