Skip to main content

Ketika Maut Menjemput

Weks, judulnya ekstrem banget yeuh.. Punten...
Sabtu Sore, gua nerima sms dari nomer gak dikenal yang setelah dicek dan ricek ternyata berasal dari Yanti, temen kuliah gua yang sekarang ngikut suaminya ke Flores, NTT (jauh amerr....)

Isinya singkat dan padat :
Ass. Telah meninggal dunia teman kita Budi Yulianto pada hari Jumat malam dan dimakamkan hari ini di Jakarta.

Gua jelas shock, dan langsung nelepon si Yanti tanpa mikir lagi. Suer, gua kira dia salah tulis atau apa, mungkin ketinggalan kata ‘orangtua’ atau apa gitu..
Gak tahunya berita itu benar.
Budi, cowok supel dan rada puitis yang oleh beberapa temen kuliah suka dipanggil Cry Joe, meninggal dunia karena sakit pada paru-paru dan ginjal. Dia memang perokok berat. Umurnya baru 25 tahun, masih muda sekali.

Inna lillahi wa inna ilaihi raji'un.

Gua ga tahu harus ngapain saat itu. Gua ga tahu di mana rumahnya alm. dan telpon di rumahnya mati sampe sekarang. Jadi gua cuma bisa berdoa untuk alm. dan semoga keluarganya tabah menerima cobaan ini.

Takdir
Setelahnya, yang terpikir oleh gua hanyalah betapa memang umur manusia tidak ada yang tahu.
Normal rasanya kalo gua jadi kepikiran bagaimana ‘takdir’ gua sendiri.
Saat-saat kayak gini gua suka keinget sama kejadian-kejadian yang bisa dikategorikan 'bercanda dengan maut'. Apalagi waktu kuliah gua sempat masuk organisasi pencinta alam.
Tapi memang gak perlu melakukan kegiatan berbahaya untuk dijemput maut. Berapa kali pesawat udara jatuh ke laut dan menewaskan ratusan penumpangnya yang lagi tidur nyaman? Toh, masih lebih banyak orang yang terus naik pesawat untuk avonturir.

Pengalaman rohani gua nih, kayaknya kalo memang belum waktunya, "tangan" Allah akan bertindak dan menyelamatkan kita tepat pada waktunya.
Gua lupa beberapa kejadian yang pernah gua alamin, yang mungkin, mungkin lho bisa disangkutin dengan masalah takdir itu.

Yang paling membekas adalah waktu di Padang, dan gua lagi belajar make motor berkopling. Ternyata susah banget, bukan masukin koplingnya, tapi ngatur gerakan jari tangan kanan yang harus ngendaliin gas atau rem pada tempat yang berdekatan. Gua sering salah kerja di situ, niatnya ngerem, eh gasnya malah ikut keputer tinggi. Walhasil bukannya berenti malah motornya terbang!
Lupa mulu buat neken gas yang di kaki.

Tapi bukan gua namanya kalo gak terus mencoba dan belajar :b
Nah, ini terjadi pada pelajaran kali ketiga, malam hari di jalan raya menuju kos gua di kawasan Andalas.
Setelah muter-muter rumah penduduk deket GOR, akhirnya gua disuruh bawa pulang motor temen gua itu (dia gua bonceng). Karena jalanan sepi, ya gua pacu aja tu motor dengan kecepatan normal. Gak lama, dari kejauhan gua liat satu rombongan keluarga mau nyebrang jalan.
Busyetnya, mereka nyebrang kayak ayam gitu, gak pake tengok kanan kiri dulu kek, dianggep tu jalan punya moyang dia kaliQ. Udah gitu nyebrangnya gak berombongan, tapi berbentuk barisan panjang! Yang paling depan adalah ibu muda yang menggendong bayi.
Nah, gua yang sadar gelagat kalo gua masih belum menguasai ngerem tangan tanpa muter gas, langsung ambil keputusan untuk mendahului mereka. Jadi gua kebut tuh motor. Tapi rupanya rumus percepatan memang gak sama dengan rumus kecepatan.

Seharusnya gua bisa mendahului si ibu, tapi ternyata dia malah mempercepat langkahnya. Gua bukan membela diri, tapi tu orang bener-bener KAGA NENGOK-NENGOK PAS NYEBRANG JALAN!!!! Gila!
Insting gua langsung menyatakan bahwa tumbukan akan terjadi kalo gua gak mengalah. Masalahnya, ternyata pas gua ngerem tangan, lagi-lagi gas malah ikut kepuntir. Untunglah kali itu gua ingat untuk nekan rem di kaki kanan.

Allah Maha Baik. Ibu dan bayinya selamat. Motor gua berhenti persis serentangan tangan di depan dia (yang langsung mematung kaku gitu. Lain kali nyebrang mbok ya nengok, kata gua dalem hati. Gua tahu gua salah dan gua langsung minta maaf sama mereka, tapi menurut gua dia juga salah.)
Gua dan temen gua juga selamat dari hajaran massa, hehe...
Banyak tukang ojek dan penduduk setempat yang langsung ngerubungin TKP, dan gua bener-bener bersyukur bahwa tidak ada yang celaka, dan bahwa karena gua cewek-lah maka mereka gak menghajar gua :b

Waktu kejadian itu sih, gua gak shock. Gua orangnya kan gak gampang panik, so malah gua sempat nyengir sama massa, dan bisa berlalu secepat mungkin (takut mereka berubah pikiran :b).
Beberapa meter dari lokasi kejadian, masih sambil naik motor itu, temen gua menyatakan ke-shock-an dirinya dan kami jadi sedikit diskusi gimana kalo gua panikan dan gak punya refleks kilat. Diskusi itu ngebuat gua jadi memelankan laju motor.

Hening sesaat. Motor masih gua pacu lambat.
Fyi menuju daerah Andalas dari arah kota Padang itu harus melewati jembatan kecil yang letaknya agak di belokan sedikit ke kanan. Gua yang baru ngerasain shock hampir nabrak orang, tadi memilih jalan paling kiri. Jadi gua musti sedikit ngerem lagi buat ngebelok kanan. Dan saat itulah terjadi....

Sebuah truk gede (pengangkut semen) entah darimana karena tadi gak ada, tiba-tiba melintas dari belakang gua dengan kecepatan tinggi dan masuk mulut jembatan melewati gua yang NYARIS masuk juga ke jembatan itu pada waktu bersamaan.

Oh, demi Tuhan, bener-bener NYARIS, karena truk itu beloknya gak kira-kira. Ada apa sih dengan MATA? Waktu gua ujian buat ngambil SIM A, di buku panduan mengemudi tercetak peringatan untuk mendahulukan kendaraan yang lurus dan lebih laju, dan tidak lupa melambatkan jalan kalau hendak berbelok.

Gua bengong waktu truk itu melintas kayak roket, persis di depan gua, jaraknya cuma sejengkal dari roda depan! Tanpa sadar tangan gua ternyata sudah menarik rem kuat-kuat, kali ini tanpa membuat gas terpuntir. Benar-benar sebuah keajaiban! Tangan Tuhan telah menolong gua lolos dari maut.

Gua merasa Tuhan sayang sama gua. Beberapa kali Dia menolong gua dari situasi buruk dan memberi gua keberuntungan. Waktu gua kelas 1 SD memang kepala gua harus dijahit karena ketabrak motor, tapi setelah itu, gua merasa Dia selalu menyelamatkan gua. Apalagi setelah gede gini gua hobi ngebut di jalan raya. Sebenarnya gak salah kok, karena bukankah kalo di jalan tol kecepatan minimal harus 60 km/jam ? Dan kalo di jalan raya juga ada jalur-jalur khusus buat melaju dengan kecepatan berbeda.

Kalo motor emang gua jarang make lagi (ga tau masih bisa apa ga), tapi kalo mobil, udah gak keitung berapa kali kejadian mendadak ada ini atau mendadak ada itu.
Gua gak bangga dengan semua peristiwa "nyaris-nyaris" gitu, tapi gua bersyukur sampe sekarang gua selalu bisa ngendaliin mobil dan juga belum pernah ada yang jadi korban kebrutalan gua. Hehehe..

Cuma sekali kejadian yang gua ingat banget, masih waktu di Padang dan bawa mobil temen gua. Ceritanya kami jalan-jalan mau ke pantai Padang (biasa disebut TapLau = Tepi Laut). Kota Padang itu kecil dan menyenangkan buat pelancong. Untuk menuju ke TapLau, dari kota, gua memilih akses via kawasan Pondok, Chinatown-nya kota Padang. Di situ ada sebuah perempatan yang ga punya lampu merah. Udah gua bilang kan kalo MATA orang2 di sini banyak yang ga beres kalo nyebrang jalan?
Yap! Kalah deh arogansi sopir mikrolet Senen – Tanah Abang dibandingin sikap seenak udelnya sopir mobil pribadi di Padang (okelah, oknum, yeach!).

Kembali ke cerita, untunglah gua terbiasa melambatkan mobil kalo berada di tikungan gitu, karena tiba-tiba dari samping kanan jalan sebuah Es Kudo nyelonong lurus gitu aja dengan kecepatan 70 km/jam, tipis aja melintas di depan mobil temen gua, membuat gua harus menginjak abis pedal rem sampe berenti!
GAK SOPAN! GAK BERADAB!!!

@#$%$#@!!!!!
Emang sih jalannya sepi, dan enak banget buat kebut-kebutan. Tapi itu kan perempatan! Dasar maniak, gila!

Hhhh... Ceritanya jadi panjang ya...

Gua cuma mau bilang kalo gua benar-benar bersyukur gua masih hidup, sehat dan selamat. Gua tahu maut bisa datang menjemput kapan aja, di mana aja. Jalannya bermacam-macam.
Kita gak pernah tahu, kadang kita merasa udah sangat hati-hati dalam melangkah, tapi di jalan selalu ada pemabuk gila dan pembalap sarap yang gak mikir kalo dia bisa mencabut nyawa seseorang seketika.
Kadang padahal kita cuma duduk-duduk di kursi malas, dan baru saja merasa aman berada di dalam rumah yang nyaman, kemudian terjadi gempa bumi tiba-tiba, atau serangan jantung saat nonton penampakan pocong di TV.

Kita gak pernah tahu kapan napas kita berhenti.
Karenanya, sebelum saat itu terjadi, buatlah hidup kita menjadi berarti.

Comments

Popular posts from this blog

My Friends, My Dreams. Novel dan TV Series. (Review, bagian satu)

Udah lama banget gue pengen nge-review Serial TV berjudul My Friends, My Dreams ini. Novelnya juga sih. Tapi gak sempet-sempet. Oke, mungkin tulisan ini bukan jenis review, ya seenggaknya, serupa review. :p Novel My Friends, My Dreams. Karya : Ken Terate adalah novel –para pemenang sayembara TeenLit Writer- yang pertama gue beli. Gue suka banget novel ini, karena SANGAT BERBEDA dengan novel TeenLit lainnya. Thumb up buat kejelian penulisnya. As we all know, novel bergenre remaja, tentu aja, mengetengahkan kehidupan remaja (hehe, infonya gak penting banget!). Banjirnya sinetron remaja yang sangat gak mutu seperti sekarang, membuat kehidupan remaja sekarang kayaknya cuma berkisar pada kejadian konflik dengan teman, rebutan pacar, cinta gelo, sampe remaja pelaku krimimil. Hellloooooow! Zaman gue sekolah dulu, emang sih rame ikut tawuran, atau digencet kakak kelas, tapi kayakna gak semonoton gitu deh. Masa remaja adalah masa yang paling indah, dan kehidupan sekolah itu menyenangkan. Setuj

My Friends, My Dreams. Novel dan TV Series. (Review, bagian dua)

Sampe suatu ketika, gue kebetulan lagi nonton Kiamat Sudah Dekat (KSD). Pas lagi iklan, ganti chanel, ternyata Serial TV itu muncul di TV7. Sejak itu, gue gak pernah absen nonton (ganti-gantian sama KSD). Gue sampe bela-belain pulang cepet buat bisa nongkrongin TV, apalagi sekarang jam tayangnya dimajuin jadi jam 20. Untung aja tayangnya hari Jumat. Pas mo wiken banget tuh! Gak nyangka, Serial TV-nya (plis deh, ini bukan “sinetron”. Oke?) malah lebih bagus dari yang waktu gue bayangin visual isi novelnya. Aktingnya alami banget. Tiap kejadian selalu bisa membuat gue ikut senyum, hanyut dalam emosi yang wajar, dan yang paling gue suka : ada nilai positifnya, dan itu sangat dominan. Two Thumbs Up!!!! Yang paling gue suka (lagi) adalah bagian di mana Mading Sekolah dikembangkan menjadi TV Sekolah! Semoga aja ini bisa jadi inspirasi buat para remaja yang senang beraktivitas dan ingin memajukan sekolahnya. Gue liat tiap episode, iklannya semakin bertambah dan bahkan jam tayangnya dimajuin

Fear Factor versi Indonesia (#1- Tantangan yang gak kacangan)

Nonton Fear Factor Versi Indonesia kemarin, ada dua hal yang ingin gua komentari, dan itu akan gua bagi dalam 2 tulisan. Yang pertama, bahwa reality show tentang memerangi rasa takut ini memang sangat menarik -kalo gak bisa dibilang keyen- Di luar kenyataan bahwa sampe sekarang persertanya masih didominasi orang-orang yang katanya-lumayan-beken-dan-tampang-kayak-maksa -musti-cakep itu (biasa deh, stereotip dunia hiburan, orang Indonesia kayak malu ama tampang asli bangsa sendiri), tantangan yang harus dihadapi peserta memang cukup berhasil "mbikin-takut-n-jijik". Sesuai temanya, yaitu faktor yang menakutkan, tantangan tersebut gak semata berupa tantangan fisik yang memerlukan otot kawat-tulang besi. Hal ini yang paling menarik, mengingat gak semua orang sekuat Gatotkaca, tapi belum tentu seorang Superman berani tidur dalam kotak kecil bareng sekumpulan tarantula berbisa. Ohya, ada dua hal yang paling gua suka dalam menghadapi tantangan : yang menguji nyali, dan mengadu kecer