Skip to main content

Hemat Pangkal Kaya!!

Bulan baru lagi.
Syukurlah, karena gue udah desperate banget nih dengan kondisi finansial gue.

Gue baru nyadar kalo bulan ini lebih cepet dari bulan biasanya, pas ngecek sms-sms lama. Ternyata gue belum kelar daftar registrasi prabayar, dan kalo gak salah bulan Maret ini adalah batas waktu buat registrasi itu. Gak tau awal atau akhir Maret, yang jelas gue terbangun di dini hari kemaren jam 00.00 dan teringat aja sama kewajiban registrasi ini!

Gue gak becanda. Beneran gue kebangun tengah malem tadi dan langsung nuntasin kewajiban seorang warganegara yang baik, yah kalo gak mau dibilang warganegara yang panik.

Abis itu gue berusaha tidur lagi.
Gue bilang berusaha, emang begitu kenyataannya, gue paling susah tidur, apalagi kalo baru aja kebangun gitu. Waduh! Cilaka nih.. bener-bener gak bisa tidur!!! Hiks!

Daripada ngelamun (tidur padahal ga bisa tidur kan bisa jadi ntar ngelamun ye?) otak gue gue kasi kerjaan buat mikir. Ya, mana tau dapet inspirasi gitu. Pernah sih, gue terbangun jam 2 pagi dan langsung nyalain komputer buat nyalin ide segar buat novel pertama gue (atau kedua yak? :P)

Nah, hasil pemikiran si otak yang ga ada kerjaan kemaren itu cukup bikin gue shock. Gue baru nyadar kalo gue boros banget beberapa bulan terakhir ini, dan kayaknya puncaknya adalah bulan ini!!! WHOA!

Gimana nih! Pulsa gue tinggal 10 ribu, dan gue yakin tagihan telepon gue melonjak 3 kali lipat dari bulan lalu yang udah gila-gilaan!

Biasanya tiap bulan gue batasin cuma beli 5 buku. Februari kemarin gue yakin gue udah beli 13 buku!! Mampus! Kenapa ini bisa terjadi? Ya, secara kemaren gue nganterin emak gue shopping (ya ampun! Gue baru inget kalo gue pake sok-sok ngebayarin belanja bulanan emak gue kemaren! Dasar!!! Besar pasak daripada tiang!), gue mampir ke Gramedia sebentar. Gak nyangka, rak buku populernya pada berantakan gitu. Rupanya banyak banget buku fiksi yang terbit belakangan ini (banyak penerbit baru soalnya). Gue jadi ngiler. Beli bukunya ah, satu, dua, .. akhirnya gak terasa gue udah bawa aja 7 judul ke kasirnya. Siangnya gue cek katalog gue, ternyata awal bulan gue udah dua kali beli buku!!! Gilaaaaa.....

Gue bukan orang boros. Dijamin juga gue gak pelit. Mungkin gue termasuk orang yang fleksibel, alias tergantung sikon banget, jarang pake perencanaan dalam hal finansial. Kalo suka, bagus, dan apalagi murah, boleh beli! Hehe.. Menjadi masalah besar karena ternyata sekarang banyak yang gue beli tapi gak gue pake. Contohnya, di kamar gue ada 3 merek produk perawatan rambut tanpa dibilas, yang mana ternyata 3-3nya gak ada yang cocok sama rambut gue! Huhuhuhu..... mubazir amat sih! :(

Padahal semasa kuliah gue sering dipercaya jadi bendahara karena gue dianggap pinter ngelola keuangan. Yeey, gimana gak pinter! Secara gue anak kos yang tiap akhir bulan kadang cuma makan dua kali sehari, jelas aja gue musti pinter ngelola keuangan, alias pinter ngirit!! Hehe.....

Tapi emang sih, sejak kecil gue gak dibiasain pegang duit banyak (uang jajan gue waktu SMP, taun 92-95 cuma 200 perak sehari), jadi pas udah gedenya gak norak-norak amat soal belanja.

Itu jadi pertanyaan buat gue sekarang. Apa gue mulai norak ye???
Iya kali. Ah, tapi menurut gue, yang gue belanjain adalah yang gue butuhin banget (kacamata, ohya baru lunas awal bulan) dan gue udah 3 bulan gak punya baju baru.
Bener!!
Gue cewek yang gak maniak baju, tapi buku. Bagi gue, buku itu "investasi". :)

Trus kemana lagi tu duit ilang ya?
Ohya ongkos dan makan. Yah, kayaknya bulan ini gue musti nebeng pp aja sama Ajohandsome, dan gue musti kembali sarapan dan dinner di rumah aja. Lebih sehat juga kan.


Tagihan telepon, pulsa, ... Mampus deh! Yang ini gak jamin bisa diirit! Tapi harusss!!
Hmm. Problem solved, kayaknya?
Mudah-mudahan. Kita liat aja bulan depan.
*Hannie ketika ngelindur*

Comments

dahlia said…
gila lo....maseh ada sisa pulsa 10 rebet...

gw boro boro deh...

tinggal 15 rupiah...

ternyatah gw yg harus dirukyah neh...

setan borosnya harus pergi hush...hush...
Hannie said…
gyahahahahhaaaa
Greiche Gege said…
bulan depan bayarin belanja bulanan gw ya say?...**kaburrr**

Popular posts from this blog

My Friends, My Dreams. Novel dan TV Series. (Review, bagian satu)

Udah lama banget gue pengen nge-review Serial TV berjudul My Friends, My Dreams ini. Novelnya juga sih. Tapi gak sempet-sempet. Oke, mungkin tulisan ini bukan jenis review, ya seenggaknya, serupa review. :p Novel My Friends, My Dreams. Karya : Ken Terate adalah novel –para pemenang sayembara TeenLit Writer- yang pertama gue beli. Gue suka banget novel ini, karena SANGAT BERBEDA dengan novel TeenLit lainnya. Thumb up buat kejelian penulisnya. As we all know, novel bergenre remaja, tentu aja, mengetengahkan kehidupan remaja (hehe, infonya gak penting banget!). Banjirnya sinetron remaja yang sangat gak mutu seperti sekarang, membuat kehidupan remaja sekarang kayaknya cuma berkisar pada kejadian konflik dengan teman, rebutan pacar, cinta gelo, sampe remaja pelaku krimimil. Hellloooooow! Zaman gue sekolah dulu, emang sih rame ikut tawuran, atau digencet kakak kelas, tapi kayakna gak semonoton gitu deh. Masa remaja adalah masa yang paling indah, dan kehidupan sekolah itu menyenangkan. Setuj

My Friends, My Dreams. Novel dan TV Series. (Review, bagian dua)

Sampe suatu ketika, gue kebetulan lagi nonton Kiamat Sudah Dekat (KSD). Pas lagi iklan, ganti chanel, ternyata Serial TV itu muncul di TV7. Sejak itu, gue gak pernah absen nonton (ganti-gantian sama KSD). Gue sampe bela-belain pulang cepet buat bisa nongkrongin TV, apalagi sekarang jam tayangnya dimajuin jadi jam 20. Untung aja tayangnya hari Jumat. Pas mo wiken banget tuh! Gak nyangka, Serial TV-nya (plis deh, ini bukan “sinetron”. Oke?) malah lebih bagus dari yang waktu gue bayangin visual isi novelnya. Aktingnya alami banget. Tiap kejadian selalu bisa membuat gue ikut senyum, hanyut dalam emosi yang wajar, dan yang paling gue suka : ada nilai positifnya, dan itu sangat dominan. Two Thumbs Up!!!! Yang paling gue suka (lagi) adalah bagian di mana Mading Sekolah dikembangkan menjadi TV Sekolah! Semoga aja ini bisa jadi inspirasi buat para remaja yang senang beraktivitas dan ingin memajukan sekolahnya. Gue liat tiap episode, iklannya semakin bertambah dan bahkan jam tayangnya dimajuin

Fear Factor versi Indonesia (#1- Tantangan yang gak kacangan)

Nonton Fear Factor Versi Indonesia kemarin, ada dua hal yang ingin gua komentari, dan itu akan gua bagi dalam 2 tulisan. Yang pertama, bahwa reality show tentang memerangi rasa takut ini memang sangat menarik -kalo gak bisa dibilang keyen- Di luar kenyataan bahwa sampe sekarang persertanya masih didominasi orang-orang yang katanya-lumayan-beken-dan-tampang-kayak-maksa -musti-cakep itu (biasa deh, stereotip dunia hiburan, orang Indonesia kayak malu ama tampang asli bangsa sendiri), tantangan yang harus dihadapi peserta memang cukup berhasil "mbikin-takut-n-jijik". Sesuai temanya, yaitu faktor yang menakutkan, tantangan tersebut gak semata berupa tantangan fisik yang memerlukan otot kawat-tulang besi. Hal ini yang paling menarik, mengingat gak semua orang sekuat Gatotkaca, tapi belum tentu seorang Superman berani tidur dalam kotak kecil bareng sekumpulan tarantula berbisa. Ohya, ada dua hal yang paling gua suka dalam menghadapi tantangan : yang menguji nyali, dan mengadu kecer